Hubungan kualitas layanan pendidikan dengan kepuasan peserta didik di sekolah menengah atas negeri se-kecamatan Jombang Kabupaten Jombang / Yulia Widiastutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kualitas layanan pendidikan dengan kepuasan peserta didik di sekolah menengah atas negeri se-kecamatan Jombang Kabupaten Jombang / Yulia Widiastutik

Widiastutik, Yulia (2013) Hubungan kualitas layanan pendidikan dengan kepuasan peserta didik di sekolah menengah atas negeri se-kecamatan Jombang Kabupaten Jombang / Yulia Widiastutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kualitas layanan pendidikan kepuasan peserta didik Lembaga pendidikan adalah suatu lembaga yang memberikan/ menyelenggarakan pelayanan berupa pendidikan kepada peserta didik dalam rangka menaikkan kualitas hidup melalui pendidikan yang diselenggarakan dengan cara yang sistematis dan konsisten. Sekolah memiliki beberapa layanan pendidikan diantaranya layanan akademik/ kurikulum dan pembelajaran layanan peserta didik layanan sarana dan prasarana layanan pembiayaan layanan pendidik dan tenaga kependidikan dan layanan hubungan dengan masyarakat (Nawawi dalam Imron Maisyaroh dan Burhanudin 2003 7). Lembaga pendidikan diyakini mempunyai tugas yang sangat penting yaitu menyiapkan sumber daya manusia agar mampu bertindak sebagai agen perubahan dan transformasi sosial menuju terwujudnya masyarakat yang positif serta lebih baik. Peserta didik sebagai pengguna jasa pendidikan tentu mengharapkan bahwa sekolah yang dituju mampu memenuhi kebutuhannya dalam memperoleh ilmu pengetahuan. Harapan peserta didik diyakini mempunyai peranan yang besar dalam menentukan kualitas produk (barang atau jasa) dan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan itu sendiri merupakan tingkat perasaan seseorang/pelanggan setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dengan harapannya sehingga pada dasarnya terdapat hubungan yang erat antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Dengan demikian lembaga pendidikan dituntut untuk menyediakan layanan prima guna memberikan kepuasan kepada konsumennya (peserta didik). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan beberapa hal yaitu (1) seberapa tingkat kualitas layanan pendidikan yang diberikan oleh sekolah (2) seberapa tingkat kepuasan peserta didik dalam menilai kualitas layanan pendidikan yang diberikan oleh sekolah dan (3) adakah hubungan kualitas layanan pendidikan dengan kepuasan peserta didik di SMA Negeri se-Kecamatan Jombang. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif korelasional. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis korelasi product moment. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X dan kelas XI di SMA Negeri se-Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang yang berjumlah 1671 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 323 peserta didik. Teknik analisis menggunakan product moment diperoleh harga rhitung sebesar 0 548 dengan harga rtabel pada taraf signifikasi 0 05 dengan N 323 yaitu sebesar 0 113. Dengan demikian bisa diketahui rhitung rtabel yaitu 0 548 0 113. Berdasarkan analisis data tersebut berarti ada hubungan yang kuat dan signifikan antara kualitas layanan pendidikan dengan kepuasan peserta didik di SMA Negeri se-Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Tingkat keeratan antara kualitas layanan pendidikan dengan kepuasan peserta didik yaitu sebesar 0 548% dan 0 452% sisanya dipengaruhi oleh hal-hal lain. Kesimpulan yang diperoleh yaitu (1) kualitas layanan pendidikan yang diberikan oleh SMA Negeri se-Kecamatan Jombang cenderung termasuk dalam kualifikasi tinggi dengan persentase 72 7%. Selebihnya termasuk klasifikasi sangat tinggi dengan persentase 5 6% cukup dengan persentase 21 7% dan rendah 0% (2) kepuasan peserta didik di SMA Negeri se-Kecamatan Jombang cenderung termasuk dalam klasifikasi tinggi dengan persentase 53 2%. Selebihnya termasuk klasifikasi sangat tinggi dengan persentase 15 8% cukup dengan persentase 27 6% dan rendah 3 4% (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas layanan pendidikan dengan kepuasan peserta didik di SMA Negeri se-Kecamatan Jombang hal ini berarti semakin tinggi kualitas layanan pendidikan yang diberikan kepada peserta didik maka semakin tinggi kepuasan peserta didik di SMA Negeri se-Kecamatan Jombang. Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini diantaranya bagi (1) kepala sekolah pendidik dan tenaga kependidikan seyogyanya dapat meningkatkan kualitas layanan pendidikan yang diberikan oleh sekolah khususnya terkait dengan kualitas layanan akademik atau kurikulum layanan peserta didik layanan sarana dan prasarana layanan pembiyaan layanan pendidik dan tenaga kependidikan dan layanan hubungan dengan masyarakat. Sekolah diharapkan dapat memberikan kualitas layanan yang maksimal dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik sehingga tercipta perasaan puas terhadap peserta didik (2) ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk memperdalam pengetahuan bagi mahasiswa jurusan Administrasi Pendidikan yang sedang mempelajari matakuliah yang relevan dengan penelitian ini. Matakuliah yang relevan yaitu manajemen akademik manajemen peserta didik manajemen sarana dan prasarana manajemen pembiayaan manajemen pendidik dan tenaga kependidikan manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat dan manajemen mutu terpadu (3) peneliti lain hendaknya penelitian ini lebih dikembangkan lagi melalui penelitian lebih lanjut dengan menggunakan objek dan variabel yang lain guna memperkaya ilmu pengetahuan yang telah dimiliki. Objek penelitian yang lain bisa dilaksanakan ditingkat Sekolah Mengah Pertama (SMP) atau pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan variabel hasil belajar di sekolah dengan kepuasan peserta didik dan kepuasan orangtua peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3537

Actions (login required)

View Item View Item