Manajemen pengembangan diri peserta didik melalui pembinaan olimpiade sains (studi kasus di SMP Negeri 1 Kediri) / Rahajeng Mifta Hurrosita - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pengembangan diri peserta didik melalui pembinaan olimpiade sains (studi kasus di SMP Negeri 1 Kediri) / Rahajeng Mifta Hurrosita

Hurrosita, Rahajeng Mifta (2013) Manajemen pengembangan diri peserta didik melalui pembinaan olimpiade sains (studi kasus di SMP Negeri 1 Kediri) / Rahajeng Mifta Hurrosita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci manajemen pengembangandiri pembinaanolimpiadesains Kegiatanpengembangandirimerupakankegiatan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran. Kegiatanpengembangandirimencakupbanyakkegiatansekaligusjugabanyakmelibatkan orang olehkarenaitudiperlukanmanajementersendiri.Pengembangandiribetul-betuldiarahkanuntukmelayaniseluruhsiswa agar dapatmengembangkandirinyasecara optimal sesuaibakat minat dankebutuhannyamasing-masing.Penelititertarikdenganpembinaanpengembangandiri yang dilaksanakansecarakontinyu yang kemudianbisamengantarkanpesertadidikkeprestasi yang membanggakan.Kegiatanpengembangandiritidakberjalanbegitusaja adabeberapafaktorsupayakegiatantersebutdapatberjalan sepertifaktorpembina pesertadidik materi yang disampaikan dana dan lain-lain. Penelitianinidilakukandengantujuanuntukmengetahuiperencanaan pelaksanaan evaluasi dantindaklanjutkegiatanpengembangandirimelaluipembinaanolimpiadesains. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganstudikasusyang berlokasi di SMPN 1 Kediri.Penelitiberperansebagaipengamat non partisipan.Sekolahinimemilikibanyakprestasidimanaprestasitersebutsalahsatunyadicetakmelaluikegiatanpengembangandiri.Kegiatanpengembangandiribertujuanuntukmembentukwatakdankepribadianpesertadidik yang dilakukanmelaluikegiatanpelayanankonselingberkenaandenganmasalahpribadidankehidupansosial kegiatanbelajar pengembangankarir dankegiatanekstrakurikuler.Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahwawancara observasi dandokumentasi.Analisis data yang digunakanadalahreduksi data display data danverifikasi data.InformankuncidalampenelitianiniadalahWakilKepala SMPN 1 Kediri bidangkesiswaan guru-guru yang berperandalamkegiatanpengembangandiri danparasiswaSMPN 1 Kediri. Hasil yang diperolehdaripenelitianiniadalah (1) perencanaanpengembangandirimelaluipembinaanolimpiadesainsyaitumulaipenjaringanpesertapengembangandirisampaipesertadikirimuntukmengikutiolimpiadebaikdaritingkatkota provinsi maupunnasional (2) pelaksanaanpengembangandirimelaluipembinaanolimpiadesainsyaitu proses belajar-mengajarselama di kelaspengembangandiri (3) evaluasipengembangandirimelaluipembinaanolimpiadesainsyaitupembinamemberiacuanpenilaianuntukkegiatanpengembangandiri yang hasilnyadilaporkankepadakepalasekolah dan (4) tindaklanjutpengembangandirimelaluipembinaanolimpiadesainsyaitu SMPN 1 Kediri memberistrategiuntukpeningkatankegiatanpengembangandiri. Berdasarkanhasil yang diperolehtersebut makapenelitimenyarankankepada (1) KepalaDinasPendidikan Kota Kediri diharapkandapatmemberikankebijakanterkaitkegiatanpengembangandiri di sekolah-sekolah di Kota Kediri (2) Kepala SMPN 1 Kediriuntukmenambah jam belajar kelas pengembangan diri melalui pembinaan olimpiade sains sehingga diharapkan siswa semakin cekatan dalam mengerjakan soal-soal olimpiade serta mengadakan tes bakat dan minat bagi peserta didik sebelum peserta didik ditempatkan di kelas pengembangan diri masing-masing. Tes bakat dan minat dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan pengelola bimbingan dan konseling di sekolah (3) Pembina PengembanganDiridapatmemberikaninovasibaruterkaitkegiatan-kegiatanpengembangandiri (4) Pengelola Jurusan Administrasi Pendidikanhendaknya menambah rujukan mengenai pengembangan diri sehingga bermanfaat untuk peneliti yang berikutnya dan hendaknya mendorong mahasiswanya untuk belajar tentang manajemen pengembangan diri (5) Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikandiharapkan lebih aktif mengkaji ulang kegiatan pengembangan diri yang esensinya adalah termasuk dalam manajemen peserta didik (6) Peneliti Lain diharapkanuntuk mengembangkan penelitian mengenai manajemen pengembangan diri yang sudah ditulis ini dan (7) Peserta Didik SMPN 1 Kediriuntuklebih teliti untuk memilih pengembangan diri yang akan dijalani akan lebih baik apabila dipilih sesuai dengan bakat dan minat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3536

Actions (login required)

View Item View Item