Perbedaan faktor kedisiplinan, pengembangan diri prestasi belajar siswa yang berasrama dan yang tidak berasrama di Madrasah Aliyah Negeri 3 kota Kediri / Khoirul Anam - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan faktor kedisiplinan, pengembangan diri prestasi belajar siswa yang berasrama dan yang tidak berasrama di Madrasah Aliyah Negeri 3 kota Kediri / Khoirul Anam

Anam, Khoirul (2013) Perbedaan faktor kedisiplinan, pengembangan diri prestasi belajar siswa yang berasrama dan yang tidak berasrama di Madrasah Aliyah Negeri 3 kota Kediri / Khoirul Anam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kedisiplinan pengembangan diri prestasi belajar dan layanan khusus asrama Pengembangan diri merupakan salah satu dari serangkaian proses belajar. Keberhasilan pengembangan diri peserta didik tergantung dari diri sendiri dan juga pihak sekolah. Untuk mencapai keberhasilan proses belajar yang maksimal masing-masing sekolah mempunyai kebijakan-kebijakan tersendiri antara lain dengan mendisiplinkan proses belajar peserta didik melalui sebuah tata tertib. Tujuan kedisiplinan belajar tidak akan terwujud jika tidak disertai kesadaran oleh subyek yang didisiplinkan. Wujud kedisiplinan peserta didik juga dipengaruhi dari kemauan diri mereka sendiri dan juga oleh faktor dari luar diri siswa. Hasil dari sinergi antara pengembangan diri dan kedisiplinan seorang siswa akan tercermin dalam sebuah prestasi baik dari segi akademik maupun non akademik. Untuk mengembangkan diri peserta didik dalam rangka mencapai prestasi belajar yang maksimal selain melalui sebuah tata tertib bisa juga melalui sebuah layanan khusus asrama sekolah. Dengan diberiknnya layanan khusus diharapakan akan semakin tinggi keinginan peserta didik untuk mengembangkan diri sehingga diperoleh prestasi belajar yang maksimal. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) seberapa tinggi tingkat kedisiplinan siswa yang berasrama dan tidak berasrama di MAN 3 Kediri (2) seberapa tinggi tingkat pengembangan diri siswa yang berasrama dan tidak berasrama di MAN 3 Kediri (3) seberapa tinggi prestasi belajar siswa yang berasrama dan tidak berasrama di MAN 3 Kediri (4) apakah ada perbedaan yang berarti terhadap faktor kedisiplinan pengembangan diri dan prestasi belajar antara siswa yang berasrama dan tidak berasrama Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa yang berasrama dan tidak berasrama di MAN 3 Kediri (2) untuk mengetahui tingkat pengembangan diri siswa yang berasrama dan tidak berasrama di MAN 3 Kediri (3) untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa yang berasrama dan tidak berasrama di MAN 3 Kediri (4) untuk mengetahui perbedaan faktor kedisiplinan pengembangan diri dan prestasi belajar siswa yang berasrama dan tidak berasrama di MAN 3 Kediri. Rancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Kediri dengan populasi berjumlah 152 orang untuk siswa asrama dan 1120 orang untuk siswa yang tidak berasrama. Sampelnya berjumlah 60 orang untuk siswa asrama dan 92 orang untuk siswa yang tidak berasrama. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan instrumen angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis Uji t untuk sampel tidak berhubungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kedisiplinan belajar siswa yang berasrama dan tidak berasrama MAN 3 Kediri termasuk dalam kualifikasi tinggi (2) tingkat pengembangan diri siswa yang berasrama dan tidak berasrama MAN 3 Kediri termasuk dalam kualifikasi tinggi (3) tingkat prestasi belajar siswa yang berasrama dan tidak berasrama MAN 3 Kediri termasuk dalam kualifikasi sedang (4) ada perbedaan kedisiplinan pengembangan diri dan prestasi belajar siswa yang berasrama dan tidak berasrama MAN 3 Kediri. Saran-saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan hasil penelitian yang telah diperoleh adalah (1) bagi kepala MAN 3 Kediri penelitian ini dapat dijadikan masukan agar peningkatan kedisiplinan pengembangan diri dan prestasi belajar ini tidak hanya pada siswa yang tidak berasrama namun siswa yang berasrama juga harus ditingkatkan (2) bagi guru MAN 3 Kediri penelitian ini dapat dijadikan masukan agar guru memiliki perhatian yang seimbang antara siswa yang berasrama dan tidak berasrama sehingga dapat meningkatkan kedisiplinan pengembangan diri dan prestasi belajar (3) bagi siswa yang berasrama MAN 3 Kediri agar siswa yang berasrama dapat meningkatkan kedisiplinan pengembangan diri dan prestasi belajarnya karena akan lebih baik jika kedisiplinan pengembangan diri yang tinggi diiringi dengan prestasi belajar yang sangat tinggi pula (4) bagi siswa yang tidak berasrama MAN 3 Kediri agar siswa yang tidak berasrama dapat mempertahankan serta terus meningkatkan kedisiplinan pengembangan diri dan prestasi belajarnya sehingga akan lebih seimbang antara kedisiplinan pengembangan diri dan prestasi belajar yang sangat tinggi (5) bagi peneliti lain penelitian ini dapat dijadikan masukan dan bahan referensi untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3534

Actions (login required)

View Item View Item