Manajemen sumber belajar alam dan lingkungan sosial (studi multikasus Raudhatul Athfal (RA) dan Sekolah Dasar (SD) Alam Ar-Rohmah Pesantren Hidayatullah Dau Malang) / Fitria Indriyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen sumber belajar alam dan lingkungan sosial (studi multikasus Raudhatul Athfal (RA) dan Sekolah Dasar (SD) Alam Ar-Rohmah Pesantren Hidayatullah Dau Malang) / Fitria Indriyani

Indriyani, Fitria (2013) Manajemen sumber belajar alam dan lingkungan sosial (studi multikasus Raudhatul Athfal (RA) dan Sekolah Dasar (SD) Alam Ar-Rohmah Pesantren Hidayatullah Dau Malang) / Fitria Indriyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indriyani Fitria 2013. Manajemen Sumber Belajar Alam dan Lingkungan Sosial (Studi Multikasus Raudhatul Athfal (RA) dan Sekolah Dasar (SD) Alam Ar-Rohmah Pesantren Hidayatullah Dau Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. Dosen Pembimbing (II) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd M.Si. Kata kunci sekolah alam manajemen sumber belajar sumber belajar alam dan lingkungan sosial. Manajemen sumber belajar alam dan lingkungan sosial yang efektif dan efisien dapat menjadikan sekolah tersebut selalu berinovasi bagaimana cara untuk menerapkan manajemen sumber belajar tersebut yang menyenangkan bagi siswa (fun learning) dan dapat merangsang respon belajar siswa tersebut sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa baik prestasi akademik maupun non akademik. Berdasarkan konsep tersebut sekolah ini dirancang menggunakan model sekolah alam dengan sumber belajar alam dan kondisi lingkungan sosial yang berkembang saat ini serta media rekayasa alam sebagai sumber belajar. Hal itu tidak terlepas dari perencanaan pengadaan pemanfaatan dan pemeliharaan sumber belajar alam dan lingkungan sosial faktor pendukung dan pemberdayaannya serta faktor penghambat dan strategi pemecahannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang perencanaan pengadaan pemanfaatan pemeliharaan sumber belajar alam dan lingkungan sosial faktor pendukung dan pendayagunaannya serta faktor penghambat dan strategi pemecahannya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis studi multikasus dengan metode eksploratif yang digunakan untuk menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa . Dalam penelitian ini dilakukan tanpa mengisolasi subjek penelitian dan dilakukan secara langsung di lapangan. Pengumpulkan data yang relevan guna menjawab fokus penelitian dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti wawancara observasi dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Raudhatul Athfal (RA) dan Sekolah Dasar (SD) Alam Ar-Rohmah Dau Malang sebagai salah satu sekolah berstatus swasta di Kabupaten Malang yang pernah meraih prestasi di bidang akademis dan non akademis di tingkat Kecamatan Kota/Kabupaten Malang dan tingkat propinsi. Kesimpulan penelitian ini adalah pertama mengetahui tentang perencanaan sumber belajar alam dan lingkungan sosial di RA Alam Ar-Rohmah yaitu a) rapat Mingguan Hari Kamis b) menampung semua usulan pengadaan sumber belajar yang diajukan c) menyusun rencana kebutuhan sumber belajar untuk periode tertentu d) memadukan rencana kebutuhan dengan dana atau anggaran sekolah yang tersedia dan e) penetapan rencana pengadaan akhir dengan penyusunan proposal yang diajukan ke Yayasan. Pengadaan sumber belajar alam dan lingkungan sosial yaitu Pengadaan dengan cara a) membeli b) mendapatkan sumbangan dari komite sekolah c) pengajuan proposal ke Yayasan Sekolah d) memanfaatkan event-event sekolah d) memanfaatkan sumber daya alam dan lingkungan sosial yang tersedia di sekitar sekolah. Pemanfaatan sumber belajar alam dan lingkungan sosial yaitu disesuaikan dengan kurikulum dari Kementrian Agama dan Kementrian Pendidikan Nasional dan Kurikulum Khas RA Alam Ar-Rohmah. Pemeliharaan sumber belajar alam dan lingkungan sosial yaitu a) pemeliharaan merupakan tanggung jawab bagian Kerumahtanggaan (KRT) dibawah pengawasan Yayasan Sekolah b) pemiliharaan oleh pihak guru yang dilakukan sewaktu-waktu c) pemeliharaan oleh pihak peserta didik yang dilakukan sewaktu-waktu. Faktor-faktor pendukung dan pemberdayaan dalam pengelolaan sumber belajar alam dan lingkungan sosial di RA Alam Ar-Rohmah yaitu a) kepemimpinan kepala sekolah b) dukungan serta pandangan positif dari ketua yayasan guru dan staf sekolah c) peran serta orang tua dan masyarakat sekitar dan d) ketersediaan sumber daya alam di lingkungan sekolah serta lingkungan sosial yang mendukung pembelajaran peserta didik. Strategi pemberdayaannya sebagai berikut a) meningkatkan kemampuan kepala sekolah dengan melanjutkan program studi b) mengadakan rapat rutin bersama pihak internal sekolah c) melakukan pembinaan dan kerjasama dengan pihak eksternal sekolah. Faktor-faktor penghambat yang ada yaitu a) proyek pembangunan sekolah yang tidak kunjung selesai b) resiko persaingan dengan sekolah-sekolah sejenis yang lain yang menuntut perkembangan zaman berlandaskan pemanfaatan kemajuan teknologi. Strategi pemecahannya sebagai berikut a) melakukan kegiatan pembelajaran outdoor b) upaya sekolah dalam memadukan sumber belajar berbasis alam dengan sumber belajar berbasis teknologi modern. Kedua mengetahui tentang perencanaan sumber belajar alam dan lingkungan social di SD Alam Ar-Rohmah yaitu a) rapat Mingguan setiap Hari Senin b) menampung semua usulan pengadaan sumber belajar yang diajukan c) menyusun rencana kebutuhan sumber belajar untuk periode tertentu disesuaikan dengan program kerja sekolah d) memadukan rencana kebutuhan dengan dana atau anggaran sekolah yang tersedia e) penyusunan proposal yang diajukan ke Yayasan. Pengadaan sumber belajar alam dan lingkungan sosial yaitu pengadaan dengan cara a) membeli b) mendapatkan sumbangan dari komite sekolah c) mengajukan proposal ke Yayasan Sekolah d) memanfaatkan sumber daya alam dan lingkungan sosial yang tersedia di sekitar sekolah. Pemanfaatan sumber belajar alam dan lingkungan sosial yaitu disesuaikan dengan a) Kurikulum Dinas Pendidikan KTSP 2006 dan Kurikulum Khas SD Alam Ar-Rohmah b) program kerja kesiswaan seperti Outbond Outing Student Day. Pemeliharaan sumber belajar alam dan lingkungan sosial yaitu a) pemeliharaan sebagai tanggung jawab bagian Kerumahtanggaan dibawah pengawasan Yayasan Sekolah b) pemeliharaan oleh pihak peserta didik (Kerja Bakti Bersama) yang dilakukan satu bulan sekali. Faktor-faktor pendukung dan pemberdayaan dalam pengelolaan sumber belajar alam dan lingkungan sosial di RA Alam Ar-Rohmah yaitu a) kepemimpinan kepala sekolah b) dukungan serta pandangan positif dari ketua yayasan guru dan staf sekolah c) peran serta orang tua dan masyarakat sekitar dan d) ketersediaan sumber daya alam di lingkungan sekolah serta lingkungan sosial yang mendukung pembelajaran peserta didik. Strategi pemberdayaannya sebagai berikut a) meningkatkan kemampuan kepala sekolah dengan melanjutkan program studi b) mengadakan rapat rutin bersama pihak internal sekolah c) melakukan pembinaan dan kerjasama dengan pihak eksternal sekolah. Faktor-faktor penghambat yang ada yaitu a) luas pekarangan sekolah yang kurang luas sehingga menghambat pengadaan media alam sebagai sumber belajar khas sekolah SD Alam Ar-Rohmah b) resiko persaingan dengan sekolah-sekolah sejenis yang lain yang menuntut perkembangan zaman berlandaskan pemanfaatan kemajuan teknologi. Strategi pemecahannya sebagai berikut a) memanfaatkan sumber daya alam alami dan buatan yang tersedia di lingkungan sekolah dan menjalin kerjasama dengan pihak eksternal sekolah. b) upaya sekolah dalam memadukan sumber belajar berbasis alam dengan sumber belajar berbasis teknologi modern. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan kepada kepala sekolah agar selalu melakukan perbaikan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan proses manajemen sumber belajar alam dan lingkungan sosial. Diharapkan para guru pengajar dan staf di RA dan SD Alam Ar-Rohmah sebagai sekolah berbasis alam semesta dapat meningkatkan wawasan dan selalu berinovasi dalam pemanfaatan sumber-sumber belajar yang mendukung sistem pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3530

Actions (login required)

View Item View Item