Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas II SD semester II materi Asma'ul Husna di SD Islam Al-Badar Ketanon Tulungagung / Sintia Hindra Zunita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas II SD semester II materi Asma'ul Husna di SD Islam Al-Badar Ketanon Tulungagung / Sintia Hindra Zunita

Zunita, Sintia Hindra (2012) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas II SD semester II materi Asma'ul Husna di SD Islam Al-Badar Ketanon Tulungagung / Sintia Hindra Zunita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan multimedia interaktif Pendidikan Agama Islam Asma ul Husna. Multimedia pembelajaran interaktif merupakan media pebelajaran yang penyampaiannya memadukan unsur audio visual serta interaktivitas sehingga dapat mempermudah dan menarik minat siswa. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada tanggal 26 Januari 2012 diketahui bahwa cara penyampaian materi oleh guru di SD Islam Al-Badar Ketanon Tulungagung terutama untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ini masih bersifat tradisional. Selain itu kurangnya keinginan guru untuk memanfaatkan media ketika menyampaikan materi kepada siswa meskipun terdapat berbagai fasilitas yang mendukung dalam penggunaan media. Kurangnya kreatifitas guru dalam menyampaikan materi kepada siswa dapat menghambat ketercapaian belajar siswa. Oleh karena itu pengembang membuat alternatif pilihan media pembelajaran melalui pengembangan media pembelajaran interaktif. Tujuan pengembangan adalah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif yang layak dengan tampilan yang menarik dan mudah dipahami sebagai media dalam mempelajari Pendidikan Agama Islam materi Asma ul Husna di kelas II Semester II SD Islam Al-Badar Ketanon Tulungagung. Pengembangan media pembelajaran CD interaktif ini divalidasi oleh dua orang ahli media seorang ahli materi uji coba perorangan sebanyak lima siswa dan uji coba lapangan sebanyak sembilan belas siswa. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa media pembalajaran interaktif layak digunakan sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas II semester II di SD Islam Al-Badar Ketanon Tulungagung. Kesimpulan tersebut didukung berdasarkan hasil analisis data sebagai berikut validasi ahli media (88.3%) valid ahli materi (90%) valid serta uji coba yang dilakukan kepada siswa perorangan (92%) valid. Dan uji coba lapangan kepada siswa kelas II SD Islam Al-Badar Ketanon Tulungagung dengan hasil (93.7%) dinyatakan valid. Berdasarkan hasil uji coba bahwa hasil pengembangan media pembelajaran interaktif untuk dapat dijadikan sebagai media yang digunakan untuk memperlancar proses belajar mengajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/353

Actions (login required)

View Item View Item