Manajemen peserta didik pada sekolah multikultural (studi kasus di Sekolah Dasar Katholik Sang Timur Malang) / Dian Ayu Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen peserta didik pada sekolah multikultural (studi kasus di Sekolah Dasar Katholik Sang Timur Malang) / Dian Ayu Maharani

Maharani, Dian Ayu (2013) Manajemen peserta didik pada sekolah multikultural (studi kasus di Sekolah Dasar Katholik Sang Timur Malang) / Dian Ayu Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maharani Dian Ayu. 2013. Manajemen Peserta Didik Pada Sekolah Multikultural (Studi Kasus di Sekolah Dasar Katholik Sang Timur Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M.Pd (II) Raden Bambang Sumarsono M.Pd Kata kunci manajemen peserta didik multikultural Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa majemuk dan sering dikatakan sebagai bangsa yang multikultural ditandai dengan adanya keberagaman dari agama ras suku adat istiadat dan etnis. Dalam dunia pendidikan saat ini diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia nilai keagamaan nilai kultural dan kemajemukan bangsa. Di lembaga pendidikan pemberian dan wujud dari pendidikan multikultral ini diterapkan sejak dini dengan memasukkannya ke dalam manajemen peserta didik. Manajemen peserta didik merupakan layanan yang diberikan sekolah untuk menunjang kegiatan peserta didik mulai masuk sampai peserta didik lulus sekolah baik itu di dalam kelas maupun luar kelas. Pengelolaan pendidikan multikultural sangat penting didapatkan oleh peserta didik sebagai bentuk menyamaratakan penerimaan layanan-layanan pendidikan yang layak bagi semua peserta didik tanpa membedakan satu sama lainnya. Multikultural yang terdapat pada sekolah ini adalah adanya keberagaman agama etnis suku latar belakang pendidikan orangtua pekerjaan orangtua dan gender. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini meliputi (1) perencanaan peserta didik (2) penerimaan peserta didik baru (3)orientasi peserta didik baru (4) pengaturan kehadiran dan ketidakhadiran peserta didik (5) sistem pengelompokan peserta didik (6) evaluasi hasil belajar peserta didik (7) pengaturan kenaikan tingkat peserta didik (8) pengorganisasian kegiatan-kegiatan di kelas keagamaan dan peringatan hari besar keagamaan peserta didik pada sekolah multikultural di SDK Sang Timur Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan cara wawancara observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi sumber. Penelitian ini dalam menganalisis data menggunakan tiga akur yakni reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini meliputi (1) perencanaan peserta didik meliputi fasilitas fisik sekolah yakni ukuran sekolah ukuran kelas daya tampung peserta didik aktifitas-aktifitas yang dilakukan peserta didik selama sekolah di SDK Sang Timur Malang tanpa membedakan perolehan layanan yang diberikan sekolah kepada peserta didik dengan tidak memandang keberagaman multikultural yang terdapat di sekolah (2) penerimaan peserta didik baru (PPDB) pada sekolah multikultural ini awalnya membentuk panitia PPDB sistem yang dipakai promosi dan seleksi yang dilakukan oleh kepala sekolah sendiri hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi keluarga dan fisik peserta didik sedangkan daya tampung peserta didik yang diterima berjumlahkan 70 peserta didik (3) orientasi peserta didik baru dilakukan selama tiga hari dan bertujuan untuk mengenalkan kehidupan fasilitas dan personal sekolah kepada peserta didik baru (4) pengaturan kehadiran dan ketidakhadiran peserta didik direkap dalam buku presensi dan bagi peserta didik yang terlambat awalnya didata di bagian tata usaha (TU) setelahnya akan diserahkan pada guru yang mengajar di kelasnya ketidakhadiran peserta didik akan berpengaruh pada pencapaian materi dan berpengaruh pula terhadap nilai yang akan didapat peserta didik (5) sistem pengelompokan peserta didik baru dilakukan berdasarkan urutan daftar sekolah sedangkan untuk tingkat selanjutnya pengelompokan akan dilakukan berdasarkan kemampuan akademis peserta didik hal ini dilakukan secara acak pengelompokan kecil juga dilakukan di kelas dan disesuaikan dengan mata pelajaran dan situasi kelas itu sendiri (6) evaluasi hasil belajar peserta didik dilakukan berdasarkan dua hal yaitu proses dan hasil selama satu semester kegiatan pembelajaran sedangkan aspek yang dinilai dalam rapor adalah nilai akademiknya kerapian sikap kerajinan dan ketidakhadiran peserta didik dan evaluasi harian menggunakan buku agenda sebagai media komunikasi antara guru dan orangtua peserta didik (7) pengaturan kenaikan tingkat peserta didik ditentukan dengan beberapa penentuan standar untuk penilaian terhadap hasil belajar peserta didik seperti nilai ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Sedangkan untuk ketidakhadiran dan perilaku peserta didik jika melebihi batas bisa menyebabkan peserta didik tersebut tinggal kelas dan (8) pengorganisasian kegiatan peserta didik meliputi kegiatan di kelas kegiatan keagamaan dan kegiatan peringatan hari besar keagamaan acuan yang digunakan adalah kalender MPK(Majlis Pendidikan Katholik) jadi apapun kegiatan keagamaan yang dirayakan adalah Agama Katholik saja sedangkan untuk peringatan hari besar keagamaan lainnya hanya memberikan ucapan selamat dan memberikan libur sesuai kalender MPK dan untuk kegiatan ektrakurikuler tidak ada perbedaan secara khusus peserta didik mengikuti berdasarkan bakat dan minat masing-masing. Berdasarkan kesimpulan penelitian ini disarankan bagi (1) Kepala SDK Sang Timur Malang penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam perannya sebagai supervisor pendidikan di sekolah untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada peserta didik khususnya dalam penerapan manajemen peserta didik (2) bagi guru penelitian ini dapat dijadikan bahan tambahan pengetahuan tentang penerapan multikultural dalam pengelolaan peserta didik secara kondusif agar lebih efisien dan produktif menciptakan situasi belajar yang tepat sesuai dengan perbedaan pada setiap peserta didiknya (3) komite sekolah penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan dalam menentukan dan pelaksanaan kebijakan sekolah sehingga tidak adanya peserta didik dan orangtua merasa terbebani dengan aturan-aturan yang ditetapkan sekolah diharapkan pendidikan di rumah lebih ditingkatkan oleh orangtua sebagai penyeimbang pendidikan yang diberikan di sekolah (4) peneliti lain penelitian ini dapat menjadikan sebagai bahan referensi dalam penelitian yang sejenis mengenai manajemen peserta didik ataupun tentang penerapan pendidikan multikultural di sekolah dan (5) Jurusan Administrasi Pendidikan penelitian ini digunakan sebagai bahan referensi untuk mengembangkan ilmu manajemen pendidikan khususnya yang berkaitan dengan penerapan pendidikan yang berbasis multikultural.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3529

Actions (login required)

View Item View Item