Manajemen pembelajaran dalam rangka pengembangan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) peserta didik (studi kasus di Taman Kanak-kanak Kusuma Mulia Ngadiluwih Kediri) / Entin Fuji Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pembelajaran dalam rangka pengembangan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) peserta didik (studi kasus di Taman Kanak-kanak Kusuma Mulia Ngadiluwih Kediri) / Entin Fuji Rahayu

Rahayu, Entin Fuji (2013) Manajemen pembelajaran dalam rangka pengembangan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) peserta didik (studi kasus di Taman Kanak-kanak Kusuma Mulia Ngadiluwih Kediri) / Entin Fuji Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahayu Entin Fuji. 2013. Manajemen Pembelajaran dalam Rangka Pengembangan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Peserta Didik Studi Kasus di Taman Kanak-Kanak Kusuma Mulia Ngadiluwih Kediri.Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mustiningsih M.Pd (II) Teguh Triwiyanto S.Pd M.Pd. Kata kunci manajemen pembelajaran pengembangan kecerdasan majemuk Manajemen pembelajaran merupakan suatu proses mengelola yang meliputi kegiatan perencanaan pelaksanaan serta pengevaluasian kegiatan yang berkaitan dengan proses membelajarkan peserta didik dengan mengikut sertakan berbagai unsur manusiawi material fasilitas dan perlengkapan guna mencapai tujuan pembelajaran. Dalam diri peserta didik terdapat beberapa jenis kecerdasan yang biasa disebut dengan kecerdasan majemuk (multiple intelligences). Kecerdasan majemuk peserta didik ini adalah suatu bentuk kecerdasan dasar anak yang terdiri dari kecerdasan linguistik-verbal (bahasa) kecerdasan logika/matematik kecerdasan visual-spasial (ruang) kecerdasan kinestetik (gerak tubuh) kecerdasan klasikal kecerdasan interpersonal kecerdasan intrapersonal kecerdasan naturalistik kecerdasan spiritual dan kecerdasan eksistensial. Fokus penelitian ini dibagi dalam beberapa subfokus (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) evaluasi (4) faktor pendukung dan (5) faktor penghambat manajemen pembelajaran dalam rangka pengembangan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) peserta didik di Taman Kanak-Kanak (TK) Kusuma Mulia Ngadiluwih Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian berada di desa Seketi RT 02 RW 02 Dusun Badug Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Lebih tepatnya sekitar 700meter masuk dari jalan utama desa Seketi. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai instrumen kunci. Data yang diperoleh melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan reduksi data display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan tiga cara yaitu (1) perpanjangan keikutsertaan (2) triangulasi teknik dan triangulasi sumber dan (3) ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan manajemen pembelajaran dalam rangka pengembangan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) peserta didik di TK Kusuma Mulia Ngadiluwih Kediri dilaksanakan melalui tahapan perencanaan pelaksanaan evaluasi serta faktor pendukung dan faktor penghambat. Tahap perencanaan manajemen pembelajaran dalam rangka pengembangan kecerdasan majemuk peserta didik meliputi tiga kegiatan yaitu (1) membuat rencana kegiatan harian (RKH) secara rutin dan teratur (2) RKH disesuaikan dengan rencana kegiatan mingguan (RKM) program tahunan (prota) dan program semester (promes) yang didasarkan pada kurikulum dan (3) perencanaan kelas disesuaikan dengan kebutuhan dan kegiatan pengembangan kecerdasan majemuk peserta didik. Kegiatan pelaksanaan meliputi (1) kegiatan terdiri dari kegiatan awal inti dan akhir (2) kelas ada dua bentuk di dalam ruangan dan di luar ruangan (3) variasi kelas ada klasikal dan kelompok (5) terdapat variasi pemberian tugas (4) lingkungan kelas dikondisikan mampu menunjang pengembangan kecerdasan majemuk peserta didik (6) adanya kegiatan penunjang kecerdasan majemuk peserta didik dan (7) guru melaksanakan tindakan preventif dan kuratif untuk menjaga situasi kelas agar kondusif. Tahap evaluasi terdiri dari (1) evaluasi harian dan evaluasi semester (2) evaluasi harian dilihat dari proses penyelesaian pekerjaan hasil pekerjaan perilaku dan penilaian 4-5 lima anak dalam rencana kegiatan harian dan (3) evaluasi semester berupa laporan perkembangan (rapor) berasal dari yayasan dan laporan perkembangan (rapor) baru dari pemerintah. Faktor pendukung dalam manajemen pembelajaran dalam rangka pengembangan kecerdasan majemuk peserta didik di TK Kusuma Mulia Ngadiluwih Kediri antara lain (1) guru yang kreatif dan inovatif (2) pengembangan kurikulum yang mendukung (3) tersedianyan fasilitas penunjang yang mencukupi dan (4) adanya dinamika kelas. Sedangkan faktor penghambat meliputi (1) jumlah ruangan kelas yang kurang mencukupi dan halaman yang kurang luas. Masalah ruangan diatasi dengan adanya 2 sesi belajar (pagi pukul 07.15-09.15 dan siang pukul 09.15-11.15) dan (2) ruangan yang masih kurang sehingga tidak ada ruangan khusus sentra. Diatasi dengan kelas semisentra dengan bentuk kelompok. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi (1) Kepala TK Kusuma Mulia Ngadiluwih Kediri Dalam menyelenggarakan manajemen pembelajaran dalam rangka pengembangan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) peserta didik disarankan untuk lebih teliti dalam penyusunan program kegiatan terkait pemaksimalan pengembangan kecerdasan majemuk peserta didik. Selain itu juga disarankan agar Kepala TK segera menambahkan ruangan serta perlengkapan mengajar sehingga TK dapat memiliki sentra belajar dan fasilitas yang benar-benar memadai (2) Guru TK Kusuma Mulia Ngadiluwih Kediri diharapkan senantiasa memperdalam pengetahuan dan meningkatkan kemampuan inovasi serta kreasi dalam merencanakan berbagai kegiatan dalam rangka pengembangan kecerdasan majemuk peserta didik (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang agar menginformasikan kepada mahasiswa untuk mengadakan penelitian lebih mendalam terkait manajemen pembelajaran dalam rangka pengembangan kecerdasan majemuk peserta didik serta menambahkan materi mengenai kecerdasan majemuk dalam perkuliahan terkait manajemen pembelajaran dan (4) Bagi peneliti lain agar melakukan penelitian yang relevan terkait manajemen pembelajaran dalam rangka pengembangan kecerdasan majemuk peserta didik secara lebih detail untuk meningkatkan pehamanan mengenai pemaksimalan pengembangan kecerdasanmajemuk pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3528

Actions (login required)

View Item View Item