Manajemen Sandhy Putra Information and Technologhy Club (SPITEC) di SMK Telkom Sandhy Putra Kota Malang / Adityakarya

Adityakarya (2013) Manajemen Sandhy Putra Information and Technologhy Club (SPITEC) di SMK Telkom Sandhy Putra Kota Malang / Adityakarya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: manajemen, organisasi, SPITEC Salah satu organisasi di SMK Telkom Sandhy Putra yang menjadi unggulan dan banyak diminati oleh para peserta didik yaitu Sandhy Putra Information and Technology Club (SPITEC). SPITEC merupakan suatu organisasi di bawah naungan OSIS Seksi VI yang bertujuan untuk memberikan wadah dan menjaring peserta didik SMK Telkom Sandhy Putra Malang yang kompeten sekaligus mempunyai bakat di bidang Information and Technology (IT). Peserta didik yang mempunyai bakat di bidang IT diberi arahan dan dibina agar mendapatkan tambahan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai SPITEC. Fokus atau tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan manajemen organisasi SPITEC SMK Telkom Sandhy Putra Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan studi kasus. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) studi dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa suborganisasi SPITEC SMK Telkom Sandhy Putra Malang dimulai dari: (1) proses perencanaan kegiatan sub organisasi SPITEC, tahap awal yang dilakukan sekolah yaitu dengan cara menjaring atau merekrut peserta didik untuk berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan SPITEC dengan cara mengadakan acara workshop dengan tujuan memberikan gambaran dalam bidang web design, network support, dan software application. Selain itu pengurus SPITEC juga memberikan pelatihan-pelatihan LKS tingkat sekolah. Melalui workshop tersebut diharapkan calon anggota SPITEC dapat memilih sesuai dengan bidang-bidang yang ada di SPITEC. Setelah workshop yang diadakan peserta yang ingin mengikuti SPITEC diperkenankan mengisi data di laptop-laptop yang sudah disiapkan oleh panitia, (2) proses pengorganisasian kegiatan SPITEC SMK Telkom Sandhy Putra Malang dilakukan dengan sistem pembagian tugas dan tanggungjawab masing-masing jabatan dalam organisasi. Pembina SPITEC bertugas untuk mengarahkan semua pengurus SPITEC, ketua bertugas mengkoordinir pengurus dan melaporkan kegiatan pada pembina, wakil ketua bertugas membantu ketua dalam menjalankan tugasnya, sekretaris bertugas mencatat hal-hal yang penting pada saat rapat berlangsung, dan bendahara bertugas mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan. Tahap-tahap dalam pengorganisasian kegiatan SPITEC dilakukan dengan menentukan dan menetapkan pengurus SPITEC untuk bertanggungjawab menangani kegiatan dan mengkoordinasi, (3) pelaksanaan kegiatan SPITEC SMK Telkom Sandhy Putra Malang sudah terimplementasikan secara baik. Pelaksanaan kegiatan SPITEC ini dapat berjalan dengan baik jika perencanaan sudah tersusun dengan baik. Pengurus inti kegiatan SPITEC mengupayakan, mendukung, dan melengkapi sarana-prasarana yang dibutuhkan untuk kelancaran dan perkembangan kegiatan SPITEC, (4) proses pengawasan kegiatan SPITEC SMK Telkom Sandhy Putra Malang bersifat langsung dan tidak langsung, (5) Proses pengevaluasian kegiatan SPITEC yang dilakukan di SMK Telkom Sandhy Putra Malang yaitu mengevaluasi pada segi kedisiplinan pada pengurus SPITEC dan anggotanya, pembina mengambil dari presensi pengurus SPITEC dalam latihan rutin kemudian pembina setiap tiga bulan atau akhir semester melapor ke waka kesiswaan untuk diproses lebih lanjut, (6) faktor pendukung kegiatan SPITEC SMK Telkom Sandhy Putra Malang yaitu bentuk dukungan dari pihak sekolah, sponsor, dan instansi-instansi terkait yang dapat berupa dana, konsumsi, alat, serta akomodasi-akomodasi lainnya. Kemudian selain itu yang menjadi faktor pendukung kegiatan SPITEC tentunya semua warga sekolah, pembina SPITEC, pihak humas, dan sarana-prasarana, dan (7) faktor penghambat kegiatan SPITEC SMK Telkom Sandhy Putra Malang yaitu sarana- prasarana, komitmen antar pengurus, kurang penambahan pemateri, koordinator mengerjakan tugas dengan sendirinya dan kurang komunikasi antar pengurus. Upaya mengatasi masalah atau hambatan yang muncul pada kegiatan SPITEC dalam masalah sarana-prasarana sekolah mengadakan tempat tersendiri untuk kegiatan latihan rutin dan memfasilitasi baik sarana maupun prasarana agar peserta dari anggota SPITEC yang mengikuti kegiatan latihan rutin menjadi nyaman. Mengatasi masalah komitmen antar pengurus SPITEC diberikan arahan dan bimbingan agar kedepannya bisa menjalankan komitmen yang sudah dibuat. Kemudian masalah kurang penambahan pemateri mengadakan tambahan pemateri yang ahli dalam bidang-bidang yang sudah dibagi di dalam SPITEC. Masalah pengurus yang ditunjuk sebagai penanggungjawab mengerjakan tugas dengan sendirinya dikerjakan secara bersama-sama. Kemudian masalah kurangnya komunikasi antar pengurus, sesama semua pengurus SPITEC sering berkomunikasi antara penanggungjawab masing-masing bidang dengan ketua. Begitu pula dengan ketua juga sering-sering berkomunikasi dengan pembina atau pembimbingnya. Saran dalam penelitian ini yaitu: Pertama, bagi Kepala SMK Telkom Sandhy Putra malang hendaknya, lebih memperhatikan dan mendukung kegiatan suborganisasi SPITEC, serta melengkapi dan memperbaiki sarana dan prasarana sehingga nantinya kegiatan-kegiatan suborganisasi yang ada di SMK Telkom Sandhy Putra Malang dapat berkembang dan menghasilkan prestasi-prestasi yang membanggakan dan bisa membawa nama baik sekolah. Kedua, bagi Pembina SPITEC SMK Telkom Sandhy Putra Malang, hendaknya lebih mengembangkan dan menciptakan inovasi-inovasi baru dalam kegiatan suborganisasi SPITEC sehingga tujuan yang ingin dicapai dapat terwujud secara efektif dan efisien. Ketiga, bagi Peserta Didik SMK Telkom Sandhy Putra Malang, sebaiknya peserta didik dapat melaksanakan kegiatan sesuai dengan karakteristik suborganisasi SPITEC, yaitu berdasarkan pengelolaan. Sehingga tujuan diadakan suborganisasi ini dapat meningkatkan prestasi serta mengembangkan kepribadian dan rasa tanggung jawab bagi peserta didik. Keempat, bagi peneliti lain, hendaknya peneliti lain dapat memperkuat temuan dalam penelitian ini, disarankan bagi peniliti lain untuk melakukan penelitian sejenis dengan subjek dampak prestasi belajar peserta didik yang mengikuti kegiatan suborganisasi SPITEC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3526

Actions (login required)

View Item View Item