Manajemen kurikulum berbasis lingkungan hidup (Studi kasus di SDN Panggungrejo 04 Kepanjen Kabupaten Malang) / Ana Makhfiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen kurikulum berbasis lingkungan hidup (Studi kasus di SDN Panggungrejo 04 Kepanjen Kabupaten Malang) / Ana Makhfiyah

Makhfiyah, Ana (2013) Manajemen kurikulum berbasis lingkungan hidup (Studi kasus di SDN Panggungrejo 04 Kepanjen Kabupaten Malang) / Ana Makhfiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci manajemen kurikulum berbasis lingkungan hidup Pembangunan nasional pada hakekatnya merupakan pembangunan manusia Indonesia yang berkualitas. Salah satu upaya yang strategis untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia yakni melalui pendidikan. Kualitas pendidikan berkaitan erat dengan sumber daya manusia yang berkualitas pula. Upaya yang strategis untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia yakni melalui pendidikan dan kesehatan. Upaya ini paling tepat dilakukan melalui institusi pendidikan yakni sekolah. Melalui pendidikan yang dilaksanakan di setiap sekolah program lingkungan hidup dapat diimplementasikan dalam kurikulum sekolah. Implementasi program lingkungan hidup dalam kurikulum diharapkan dapat menciptakan perubahan baik perubahan sikap maupun pengetahuan serta mampu membentuk kepribadian peserta didik untuk menjadi lebih baik. Upaya yang dilakukan sekolah untuk mewujudkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan hidup yakni sekolah berupaya untuk memasukkan program lingkungan hidup ke dalam kurikulum. Pendidikan diarahkan untuk pencapaian tujuan nasional yang telah digariskan di dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 Ayat 1 menyatakan bahwa Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak mulia sehat berilmu cakap kreatif mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab . Lebih dari itu sekolah juga merupakan wahana pembelajaran sebagai pembentuk kepribadian peserta didik yang tidak hanya menekankan pada kecerdasan intelektual tetapi juga membentuk kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional ini diantaranya membentuk sikap atau perilaku untuk peduli terhadap lingkungan. Dalam pelaksanaannya Kementerian Negara Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengimplementasikan program lingkungan hidup dalam kurikulum di sekolah. Penelitian ini memiliki fokus yaitu (1) perencanaan kurikulum berbasis lingkungan hidup (2) pengorganisasian kurikulum berbasis lingkungan hidup (3) pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan hidup (4) evaluasi kurikulum berbasis lingkungan hidup dan (5) faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus karena studi kasus berusaha mengungkap secara deskriptif suatu fenomena atau kejadian di suatu lokasi yang mengutamakan kealamiahan atau natural. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) wawancara (2) observasi dan (3) dokumentasi. Adapun teknik yang digunakan untuk mengecek keabsahan data meliputi (1) ketekunan pengamatan (2) triangulasi dan (3) pengecekan data. Kesimpulan penelitian yang dihasilkan yaitu (1) kegiatan perencanaan kurikulum di SDN Panggungrejo 04 Kepanjen meliputi pembentukan tim penyusunan kurikulum perencanaan kurikulum dan dokumen kurikulum. Mekanisme penyusunan kurikulum berbasis lingkungan hidup di SDN Panggungrejo 04 Kepanjen sudah sesuai dengan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) (2) kegiatan pengorganisasian kurikulum berbasis lingkungan hidup di SDN Panggungrejo 04 Kepanjen dilakukan secara terintegrasi dengan lingkungan hidup pada semua mata pelajaran. Sedangkan untuk muatan lokal yakni mata pelajaran pendidikan lingkungan hidup dilakukan secara monolitik (3) pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan hidup di SDN Panggungrejo 04 Kepanjen dapat diketahui dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas (4) evaluasi terhadap kurikulum berbasis lingkungan hidup dilakukan dengan cara mengevaluasi kurikulum di sekolah melalui jurnal kegiatan harian guru dan buku penilaian peserta didik. Sedangkan untuk mengevaluasi kurikulum berbasis lingkungan hidup kepala sekolah memantau secara langsung kegiatan belajar mengajar di kelas dan melihat hasil pekerjaan peserta didik di kelas serta menanyakan secara langsung kepada peserta didik mengenai mata pelajaran yang sudah diajarkan oleh guru. Selain itu evaluasi kurikulum di sekolah juga dilaksanakan pada akhir tahun ajaran baru yang dilakukan oleh semua guru dan kepala sekolah dan (5) faktor pendukung dalam pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan hidup di SDN Panggungrejo 04 Kepanjen yakni adanya dukungan dari orang tua peserta didik dan juga adanya dukungan dari dinas yang terkait. Kemudian faktor penghambat dalam pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan hidup yakni pihak sekolah kurang mensosialisasikan pendidikan lingkungan hidup kepada warga sekolah khususnya kepada orang tua peserta didik. Saran yang bisa disampaikan dari hasil penelitian ini yakni bagi (1) kepala Sekolah SDN Panggungrejo 04 Kepanjen dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk melakukan program adiwiyata yang dilaksanakan melalui kurikulum sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan agar lebih baik lagi. Dengan adanya manajemen kurikulum yang baik diharapkan dapat meningkatkan prestasi peserta didik baik prestasi akademik maupun non akademik (2) guru SDN Panggungrejo 04 Kepanjen diharapkan dapat meningkatkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang sudah terintegrasi dengan lingkungan hidup agar kegiatan belajar mengajar di dalam kelas dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi (3) ketua Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan dapat menjadi referensi dalam ruang lingkup yang memiliki keterkaitan dengan manajemen kurikulum berbasis lingkungan hidup dan (4) peneliti lain juga dapat melakukan penelitian sejenis dalam manajemen kurikulum berbasis lingkungan hidup pada berbagai aspek dengan latar belakang sekolah yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3525

Actions (login required)

View Item View Item