Pengembangan media pembelajaran berbasis inspring suite 8 untuk meningkatkan hasil belajar / Pipit Tri Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis inspring suite 8 untuk meningkatkan hasil belajar / Pipit Tri Astuti

Astuti, Pipit Tri (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis inspring suite 8 untuk meningkatkan hasil belajar / Pipit Tri Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Astuti Pipit Tri. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran BerbasisIspring Suite 8Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing Dr. Cipto Wardoyo S.E. M.Pd. M.Si. Ak CA. Kata Kunci Media Pembelajaran Ispring Suite 8 Hasil Belajar. Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan diperoleh informasi bahwa banyak guru yang masih menggunakan cara tradisional dalam melaksanakan pembelajaran sehingga ketersediaan fasilitas sekolah seperti LCD proyektordan speaker belum digunakan secara maksimal. Hal ini membuatproses pembelajaran cenderung monoton dan membosankan sehingga hasil belajar beberapa siswa juga belum mencapai KKM. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk media pembelajaran berbasis I-spring Suite 8 pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis I-spring Suite 8 (3)mengetahui apakah media pembelajaran berbasis iSpring Suite 8dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode 4D dari Thiagarajan Semmel dan Semmel. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan meliputi pendefinisian perancangan pengembangan dan penyebaran. Subyek penilaian produk untuk kelayakan media pembelajaran terdiri dari ahli media dan ahli materi. Sasaran uji coba produk yaitu siswa kelas XI AKL di SMKN 2 Blitar. Alat analisis yang digunakan yaitu Uji t pada SPSS. Hasil dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh peneliti adalah media berbasis ispring suite 8 yang berupa file flash yang mana terdapat berbagai fitur seperti video gambar dan kuis. Media yang dihasilkan telah divalidasi oleh ahli materi ahli media dan siswa (uji coba pengguna). Dari hasil validasi media pembelajaran berbasis ispring suite 8 dinyatakan sangat layak/dapat digunakan dengan nilai rata-rata presentase sebesar 89 5%. Sedangkandalam uji coba kelompok besar hasil belajar dianalisis menggunakan Uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0 014 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Selain itu terdapat peningkatan hasil belajar sebelum menggunakan media dengan sesudah menggunakan media sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan dan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35248

Actions (login required)

View Item View Item