Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan / Jordian Seloja Putra

Putra, Jordian Seloja (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan / Jordian Seloja Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iii ABSTRAK Putra, Jordian Seloja. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dudung MaÔÇÖruf Nuris, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Motivasi, Akuntansi Keuangan Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan motivasi pada mata pelajaran akuntansi keuangan dengan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan siswa sebagai pengguna serta mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Pada tahap development, media pembelajaran dinilai kelayakannya oleh 1 dosen ahli media, 1 guru ahli materi, dan 30 siswa sebagai pengguna. Pengukuran motivasi belajar siswa dilakukan terhadap 30 siswa kelas XI jurusan Akuntansi dan Lembaga SMK Taman Siswa Kepanjen. Teknik pengumpulan data dalam pengembangan ini melalui observasi, wawancara, dan angket dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli, ahli media dan ahli materi memberikan hasil penilaian media pembelajaran berbasis multimedia interaktif telah memenuhi kriteria media pembelajaran yang baik dan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajara sedangkan siswa kelas XI Akuntansi SMK Taman Siswa Kepanjen sebagai pengguna memberikan penilaian dengan kriteria sangat layak untuk media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Kritik dan saran yang diberikan oleh ahli media menyatakan bahwa secara umum media pembelajaran tersebut cukup baik pada bagian desain visual, navigasi dan kelengkapannya. Kritik dan saran yang diberikan oleh ahli media menyatakan bahwa secara umum media pembelajaran cukup baik namun pada format daftar usia piutang perlu direvisi. Kritik dan saran dari pengguna menyatakan bahwa secara umum media telah baik namun terdapat revisi pada contoh soal bagian penaksiran piutang. Hasil uji t untuk motivasi belajar siswa menunjukkan tingkat signifikansi yang mencapai 0,000 < 0,05 terdapat peningkatan motivasi setelah menggunakan media pembelajaran. Dapat demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif telah dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35242

Actions (login required)

View Item View Item