Pengaruh pertimbangan moral terhadap plagiarisme dalam menyelesaikan tugas akhir skripsi pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang / Romy Purbanata

Purbanata, Romy (2019) Pengaruh pertimbangan moral terhadap plagiarisme dalam menyelesaikan tugas akhir skripsi pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang / Romy Purbanata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Purbanata, Romy. 2018. Pengaruh Pertimbangan Moral Terhadap Plagiarisme Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Skripsi Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dudung MaÔÇÖruf Nuris, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Perimbangan Moral, Plagiarisme, dan Mahasiswa Akuntansi Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pertimbangan moral terhadap plagiarisme dalam menyelesaikan tugas akhir skripsi pada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2015 di Universitas Negeri Malang sejumlah 155 mahasiswa dengan sampel penelitian sejumlah 112 mahasiswa yang diperoleh melalui teknik proportional random sampling. Jenis data untuk variabel Pertimbangan Moral dan Plagiarisme menggunakan data primer yang diukur menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan pertimbangan moral berpengaruh negatif signifikan terhadap plagiarisme dengan tingkat sig. yaitu 0,000 < 0,05, hal ini menunjukan peranan penting pertimbangan moral terhadap plagiarisme dimana menjelaskan pertimbangan moral berbanding terbalik dengan plagiarisme. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pertimbangan moral seorang mahasiswa maka tingkat plagiarisme yang dilakukan akan semakin rendah, sebaliknya semakin rendah pertimbangan moral seorang mahasiswa maka tingkat plagiarisme yang dilakukan akan semakin tinggi. Besar pengaruh pertimbangan moral terhadap plagiarisme adalah sebesar 52%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel independen lain. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk memperluas subjek penelitian, tidak hanya terbatas pada mahasiswa Prodi S1 pendidikan akuntansi saja tetapi juga pada mahasiswa Prodi lain di Fakultas Ekonomi Universitas selain itu disarankan untuk memperkaya sumber buku refrensi dan tidak hanya bergantung kepada perpustakaan di internal kampus namun juga diharapkan bisa memperoleh buku lain dan memperbanyak sumber bacaan terkait dan bagi mahasiswa yang telah memiliki Pertimbangan Moral yang tinggi dan mampu menghindari tindakan plagiarisme diharapkan bukan hanya menerapkan hal tersebut didalam perkuliahan namun juga mampu menerapkan hal tersebut dalam dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35239

Actions (login required)

View Item View Item