Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achivement Division) dengan media kartu soal untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Singosari / Ramona Magdalena Luin

Luin, Ramona Magdalena (2019) Penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achivement Division) dengan media kartu soal untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Singosari / Ramona Magdalena Luin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Luin, Ramona Magdalena 2018. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achivement Division) dengan Media Kartu Soal Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Singosari Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar Motivasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi belajar dan Hasil belajar. Seseorang yang memiliki motivasi mempunyai kecenderungan untuk mencurahkan segala kemampuannya untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Semakin tinggi motivasi yang dimiliki siswa akan mendorong siswa belajar lebih giat lagi dan frekuensi belajarnya menjadi semakin meningkat, sehingga hasil belajarnyapun meningkat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS B SMA Negeri 1 Singosari Tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner), dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar pada siswa kelas XII IPS B dalam kategori cukup. Hasil belajar yang dicapai siswa memuaskan terlihat dari adanya hasil analisis angket. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPS B SMA Negeri 1 Singosari. Penerapan Student Team Achievement Divisions (STAD) agar dapat mendorong siswa memiliki inisiatif membaca materi sebelum materi itu dibahas di kelas adalah dengan cara pada kegiatan pra pertemuan guru memberikan motivasi yang bertujuan menyadarkan siswa akan pentingnya membaca materi terlebih dahulu sebelum membuat pertanyaan. Dengan cara tersebut, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mulai aktif membaca materi yang akan dipelajari dan ada beberapa hal yang masih belum dimengerti sehingga dapat dijadikan pertanyaan untuk modal diskusi di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35237

Actions (login required)

View Item View Item