Pengembangan modul komputer akuntansi berbasis aplikasi accurate di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Shintia Delinda Astiningsih

Astiningsih, Shintia Delinda (2019) Pengembangan modul komputer akuntansi berbasis aplikasi accurate di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Shintia Delinda Astiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astiningsih, Shintia Delinda. 2018. Pengembangan Modul Komputer Akuntansi Berbasis Accurate di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sulastri, S.Pd., M.SA. Kata Kunci: Modul, Komputer Akuntansi, Accurate Modul merupakan salah satu bahan ajar cetak yang digunakan sebagai media pembelajaran agar tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai. Namun masih banyak sekolah yang belum menggunakan modul terutama pada mata pelajaran komputer akuntansi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan persiapan modul yang sesuai kompetensi dasar. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi terbatas pada guru SMK Muhammadiyah 3 Singosari diperoleh informasi bahwa belum adanya bahan ajar yang tersedia untuk pembelajaran. Kendala lain yang dihadapi adalah aplikasi untuk menunjang pembelajaran komputer akuntansi menggunakan MYOB trial masih sering di install ulang sehingga data pelajaran siswa menjadi hilang. Maka dari itu, perlu alternatif lain yaitu Accurate sebagai aplikasi penunjang agar pembelajaran tetap berjalan. Pengembangan suatu modul sebagai bahan ajar juga diperlukan untuk mengatasi permasalahan terbatasnya modul. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul komputer akuntansi berbasis Accurate kelas XI semester 2 SMK Akuntansi. Model penelitian yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini adalah model penelitian dan pengembangan yang di adaptasi dari Borg and Gall (2003). Langkah yang dilakukan meliputi (1) analisa kebutuhan, (2) pengembangan produk, (3) Validasi Ahli, (4) Revisi Produk I, (5) Uji Coba Pengguna Terbatas, (6) Revisi Produk II, (7) Produk Akhir. Hasil penelitian menunjukkan hasil rata-rata validasi materi sebesar 86%. Hasil validasi ahli pengembangan bahan ajar sebesar 98,90%. Rata-rata hasil validasi pengguna terbatas sebesar 92,52%. Hasil validasi tersebut menunjukkan produk yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan. Produk modul komputer akuntansi berbasis Accurate yang dikembangkan berupa modul siswa. Modul yang dikembangkan disesuaikan dengan kompetensi dasar mata pelajaran komputer akuntansi. Pemanfaatan modul sebagai bahan ajar pada kegiatan pembelajaran tetap menggunakan sumber referensi lain yang relevan untuk menambah pengetahuan yang diperoleh. Saran untuk pengembangan produk lebih lanjut adalah melakukan uji coba pengguna pada siswa serta dilakukan uji efektifitas produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35236

Actions (login required)

View Item View Item