Hubungan antara persepsi tentang jam pelajaran tambahan dan prerstasi belajar siswa kelas unggulan dan reguler di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Christella - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara persepsi tentang jam pelajaran tambahan dan prerstasi belajar siswa kelas unggulan dan reguler di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Christella

Christella (2013) Hubungan antara persepsi tentang jam pelajaran tambahan dan prerstasi belajar siswa kelas unggulan dan reguler di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Christella. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci prestasi belajar jam pelajaran tambahan (JPT) kelas unggulan kelas reguler. Dalam kehidupan pendidikan memegang peranan penting karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Seiring perkembangan dunia pendidikan yang semakin pesat menuntut adanya lembaga pendidikan untuk menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan. Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan peningkatan kualitas kegiatan belajar. Pengadaan pelajaran tambahan yang difungsikan untuk mengurangi resiko-resiko yang tidak diinginkan. Sekolah berharap dengan adanya pelajaran tambahan siswa menjadi lebih siap dalam kegiatan belajar mengajar sehingga siap juga dalam menempuh ujian baik ujian yang diadakan sekolah maupun ujian yang diadakan pemerintah. Prestasi belajar merupakan proses yang dilakukan dalam mencapai perubahan tingkah laku yang lebih baik dari sebelumnya dan dapat mencapai suatu hasil yang diperoleh setelah melalui aktivitas belajar berupa kemampuan yang memberikan perubahan pada segenap aspek dalam diri siswa. JPT merupakan penambahan jam belajar di luar jam belajar reguler yang biasanya diberikan setelah jam sekolah. Kelas unggulan merupakan pelayanan istimewa yang disediakan oleh sekolah untuk siswa yang memiliki kecerdasan dan bakat yang yang luar biasa. Siswa kelas reguler adalah siswa yang umumnya memiliki kemampuan rata-rata dengan siswa yang lain. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui seberapa tinggi persepsi tentang jam pelajaran tambahan (JPT) siswa Kelas Unggulan (2) untuk mengetahui seberapa tinggi persepsi tentang jam pelajaran tambahan (JPT) siswa Kelas Reguler (3) untuk mengetahui seberapa tinggi prestasi belajar siswa Kelas Unggulan (4) untuk mengetahui seberapa tinggi prestasi belajar siswa Kelas 9 Reguler (5) untuk mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi tentang jam pelajaran tambahan (JPT) dan prestasi belajar siswa Kelas Unggulan (6) untuk mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi tentang jam pelajaran tambahan (JPT) dan prestasi belajar siswa Kelas Reguler (7) untuk mengetahui perbedaan persepsi tentang jam pelajaran tambahan (JPT) siswa Kelas Unggulan dan Reguler dan (8) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa Kelas Unggulan dan Reguler di SMP Laboratorium UM. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dn komparatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dengan populasi berjumlah 162 orang untuk siswa kelas reguler dan 16 orang untuk siswa kelas unggulan. Sampelnya berjumlah 110 untuk siswa kelas reguler dan 16 untuk siswa kelas unggulan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simpel random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif korelasi product moment dan analisis uji beda t test untuk sampel tidak berhubungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat persepsi tentang Jam Pelajaran Tambahan (JPT) siswa Kelas Unggulan termasuk dalam klasifikasi tinggi (2) tingkat persepsi tentang JPT siswa Kelas Reguler termasuk dalam klasifikasi tinggi (3) tingkat prestasi belajar siswa Kelas Unggulan termasuk dalam klasifikasi baik. (4) tingkat prestasi belajar siswa Kelas Reguler termasuk dalam klasifikasi cukup (5) tidak ada hubungan yang signifikan antara persepsi tentang JPT dan prestasi belajar siswa Kelas Unggulan (6) tidak ada hubungan yang signifikansi antara persepsi tentang JPT dan prestasi belajar siswa Kelas Reguler (7) tidak ada perbedaan yang signifikan antara JPT siswa Kelas Unggulan dan Reguler dan (8) ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa Kelas Unggulan dan Reguler di SMP Laboratorium UM. Saran-saran yang dapat dikemukakan (1) bagi kepala SMP Laboratorium UM penelitian ini dapat dijadikan masukan dalam pelaksanaan proses pembelajaran agar prestasi belajar antara siswa kelas unggulan dan kelas reguler dapat lebih meningkat kemampuan akademiknya dan pelaksanaan JPT siswa kelas 9 di SMP Laboratorium UM lebih diperhatikan dalam proses pembelajarannya agar siswa mengerti akan tujuan diadakannya JPT. Sehingga siswa dapat lebih memanfaat pelaksanaan JPT untuk mengoptimalkan prestasi belajar (2) bagi guru SMP Laboratorium UM dapat menjadi masukan agar siswa memperhatikan dan meningkatkan proses pembelajaran khususnya untuk variasi dan inovasi yang dilakukan dalam mengajar (3) bagi siswa unggulan agar lebih menggali potensi yang ada dalam dirinya sehingga pelaksanaan JPT dapat membantu meningkatkan prestasi belajar (4) bagi siswa reguler dapat memanfaatkan waktu dan kesempatan dalam pelaksanaan JPT sehingga dapat membantu meningkatkan prestasi belajar di sekolah dan (5) bagi peneliti lain penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi dan masukan untuk penelitian selanjutnya dalam hal pengaruh pengadaan sarana prasarana JPT pengaruh kinerja guru dalam pelaksanaan JPT yang dikaitkan dengan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3523

Actions (login required)

View Item View Item