Pengembangan perangkat pembelajaran akuntansi berbasis inquiry learning terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK Islam Batu / Cahyaning Novita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran akuntansi berbasis inquiry learning terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK Islam Batu / Cahyaning Novita Sari

Sari, Cahyaning Novita (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran akuntansi berbasis inquiry learning terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK Islam Batu / Cahyaning Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Sari Cahyaning Novita. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Akuntansi Berbasis Inquiry Learning Terbimbing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SMK Islam Batu. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Suparti M.P Kata Kunci Perangkat Pembelajaran Inquiry Learning Terbimbing Hasil Belajar Peserta Didik Di SMK Islam Batu sudah menjalankan kurikulum 2013 revisi 2017 tetapi dalam proses pembelajaran akuntansi dasar guru masih menggunakan model pembelajaran yang terpusat pada guru yaitu dengan ceramah. Bahan ajar yang digunakan belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan peserta didik dan guru masih belum menggunakan media pembelajaran disamping itu evaluasi yang diberikan masih dengan mengerjakan latihan soal yang ada di buku. Berdasarkan hal tersebut dikembangkan perangkat pembelajaran akuntansi berbasis Inquiry Learning Terbimbing yang terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) bahan ajar media pembelajaran dan evaluasi pada mata pelajaran akuntansi dasar materi menyusun laporan keuangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research Development yang mengadaptasi dari model pengembangan Borg Gall (2003) yang telah dimodifikasi. Tahap yang dilakukan dimulai dari tahap analisis kebutuhan pengembangan produk awal validasi produk revisi produk uji coba lapangan terbatas revisi produk produk akhir. Validasi dilakuakan oleh ahli materi ahli media ahli perangkat pembelajaran rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan diuji cobakan pada guru akuntansi SMK Islam Batu dan 33 peserta didik kelas XI Akuntansi di SMK Islam Batu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan perangkat pembelajaran akuntansi berbasis Inquiry Learning Terbimbing berdasarkan penilaian 1) Ahli materi diperoleh nilai 88% dengan kriteria valid/layak 2) Ahli perangkat diperoleh nilai 81% dengan kriteria valid/layak 3) Ahli media diperoleh nilai 97% dengan kriteria valid/layak . Dan dilakukan uji coba terbatas kepada guru dan peserta didik dengan perolehan nilai masing-masing 91% dan 87 85% dengan kriteria valid/layak . Selain itu tes pretest dan posttest yang dilakukan juga menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran akuntansi berbasis Inquiry Learning Terbimbing memiliki pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan mampu mengarahkan peserta didik dalam menemukan konsep secara mandiri. Konsep yang dimaksud adalah peserta didik mampu menemukan karakteristik laporan keuangan dari laporan keuangan perusahaan jasa dagang dan manufaktur. Saran yang diajukan oleh peneliti adalah mengembangkan produk dengan materi lain dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dan sampai pada uji coba skala yang luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35227

Actions (login required)

View Item View Item