Analisis model pembelajaran dengan pendekatan saintifik kurikulum 2013 revisi di kelas XI Akuntansi SMK Islam Batu / Rizki Pranita Yustyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis model pembelajaran dengan pendekatan saintifik kurikulum 2013 revisi di kelas XI Akuntansi SMK Islam Batu / Rizki Pranita Yustyas

Yustyas, Rizki Pranita (2019) Analisis model pembelajaran dengan pendekatan saintifik kurikulum 2013 revisi di kelas XI Akuntansi SMK Islam Batu / Rizki Pranita Yustyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Yustyas Rizki Pranita. 2018. Analisis Penerapan Model Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Revisi di Kelas XI Akuntansi SMK Islam Batu. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Suparti M.P Kata Kunci Penerapan model pembelajaran Pendekatan Saintifik Akuntansi Model pembelajaran diperlukan untuk membuat proses pembelajaraan didalam kelas berjalan dengan baik. Akan tetapi saat ini masih ada sekolah yang belum menerapkan kurikulum 2013 revisi secara keseluruhan. Pada dasarnya penerapan model dengan pendekatan saintifik tidaklah mudah sehingga terjadi beberapa kendala dalam penerapannya. Diantaranya adalah banyak guru yang masih terpaku dengan model dan metode pembelajaran yang lama yaitu dengan ceramah atau demonstrasi dan pemberian tugas. Dalam hal ini guru lebih dominan di dalam kelas sehingga kegiatan pembelajaran tidak berjalan sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pada penelitian ini membahas mengenai penerapan model pembelajaran dengan pendekatan saitifik mulai dari perencanaan pembelajaran hingga penerapan didalam kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada informan yang telah dipilih yaitu dua guru produktif mata pelajaran akuntansi. Aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus hingga tuntas sampai datanya jenuh. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi data dengan menggunakan triangulasi teknik. Kondisi dan karekter peserta didik yang mempengaruhi sulitnya penerapan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik didalam kelas dan kurangnya pemahaman guru terhadap penerapan model pembelajaran. Siswa terbiasa dengan model pembelajaran yang lama yaitu ceramah atau demonstrasi dan penugasan. Sebaiknya guru perlahan menerapkan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik sesuai dengan ketetapan kurikulum dan pemerintah. Hal tersebut akan membuat siswa terbiasa dengan model pembelajaran yang menuntut mereka untuk aktif dan mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35226

Actions (login required)

View Item View Item