Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis project based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Sumenep / Arief Adiyansyah

Adiyansyah, Arief (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis project based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Sumenep / Arief Adiyansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Adiyansyah, Arief. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Project-Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII di SMK Negeri 1 Sumenep. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Suparti, M.P. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Project-Based Learning, Akuntansi Perusahaan Dagang Perangkat pembelajaran akuntansi perusahaan dagang yang digunakan SMK Negeri 1 Sumenep diketahui belum memenuhi tuntutan kurikulum 2013 dan penyusunannya masih belum sesuai dengan Permendikbud 2016. Di dalam RPP belum mencerminkan kegiatan pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran kurikulum 2013, sehingga pada penerapannya di kelas pembelajaran masih berlangsung konvensional dimana guru mendominasi saat kegiatan pembelajaran. Sehingga membuat minat siswa pada akuntansi menurun karena cenderung mudah bosan, serta berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Penggunaan media masih belum dimanfaatkan oleh guru dalam pembelajaran dan keterbatasan bahan ajar yang tersedia di sekolah, serta evaluasi pembelajaran yang tidak variatif menyebabkan pembelajaran semakin menoton. Berdasarkan hal tersebut, dikembangkan perangkat pembelajaran berbasis Project-Based Learning yang terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar, media pembelajaran dan evaluasi pada materi penyusunan laporan keuangan perusahaan dagang. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadabtasi dari model Borg and Gall (1983) dalam (Sugiyono, 2013:298) yang terdiri dari 10 tahap, namun oleh peneliti digunakan sampai 7 tahap. Tahap yang dilakukan adalah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Penelitian ini dilakukan sampai tahap uji coba produk secara terbatas kepada 33 siswa kelas XII AK SMK Negeri 1 Sumenep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan sudah layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal ini didasarkan pada saran yang diberikan oleh para ahli dan pengguna untuk menyempurnakan produk. Ahli perangkat pembelajaran memberikan saran untuk mengurangi sub bab tentang harga pokok untuk langsung dimasukkan dalam pembahasan laporan laba/rugi. Ahli media memberikan saran untuk mengoptimalkan tampilan desain visual, sedangkan saran untuk media pembelajaran dari pengguna guru dan siswa adalah ukuran font yang diperbesar lagi, suara pergantian slide yang dihilangkan saja dan gambar yang ada terlalu besar. Ahli materi memberikan saran untuk tampilan handout yang bisa diberi gambar atau hiasan lainnya sebagai background dan juga penambahan isi materi pada contoh laporan keuangan. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat membagi kelompok secara merata berdasarkan kemampuan siswa, dan dilakukan diskusi kelas untuk memberikan masukan atau pertanyaan antar kelompok, serta uji coba produk hendaknya melibatkan responden yang lebih banyak agar hasilnya sesuai dengan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35222

Actions (login required)

View Item View Item