Analisis kompetensi pedagogik guru (studi pada guru SMK Ardjuna 1 Malang Jurusan Akuntansi) / Alya Harlina Parampasi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kompetensi pedagogik guru (studi pada guru SMK Ardjuna 1 Malang Jurusan Akuntansi) / Alya Harlina Parampasi

Parampasi, Alya Harlina (2018) Analisis kompetensi pedagogik guru (studi pada guru SMK Ardjuna 1 Malang Jurusan Akuntansi) / Alya Harlina Parampasi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Parampasi Alya Harlina. 2018. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru (Studi pada Guru SMK Ardjuna 1 Malang Jurusan Akuntansi). Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Suparti M.Pd. Kata Kunci Kompetensi Kompetensi Pedagogik Guru Akuntansi Kompetensi pedagogik adalah kemampuan seorang guru yang berkaitan dengan pemahaman tentang peserta didik dan pengelola pembelajaran yang mendidik dan dialogis. Terdapat dua aspek kompetensi pedagogik guru menurut Permendiknas No 16 Tahun 2007 yang belum diterapkan secara maksimal berdasarkan observasi awal yaitu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran dan menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kompetensi pedagogik guru di SMK Ardjuna 1 Malang. Mengingat pentingnya seorang guru memiliki kompetensi pedagogik yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pada penelitian ini terdapat dua responden utama dan empat responden pendukung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Tahap analisis data yang digunakan adalah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh beberapa temuan sebagai berikut. Pertama guru yang menjadi wali kelas lebih memahami karakteristik peserta didik lebih mendalam. Kedua guru menentukan strategi pembelajaran berdasarkan materi dan pemahaman awal peserta didik. Ketiga guru belum mengembangkan silabus dan tidak terdapat kesulitan yang ditemui guru dalam menyusun RPP. Keempat terdapat guru yang telah mengembangkan media pembelajaran serta bahan ajar dan guru yang belum mengembangkan keduanya. Kelima guru telah memanfaatkan TIK namun penggunaannya belum maksimal. Keenam guru mengembangkan potensi peserta didik agar siap mengikuti Praktek Kerja Industri (Prakerin). Ketujuh komunikasi yang dilakukan guru kepada peserta didik adalah dengan melakukan tanya-jawab serta memberikan motivasi. Kedepalan guru melaksanakan penilaian dan evaluasi hasil belajar peserta didik berdasarkan aspek kognitif dan aspek afektif. Terdapat beberapa indikator yang sudah maksimal dan indikator lainnya yang masih harus lebih ditingkatkan lagi. Diharapkan guru dapat meningkatkan kompetensi pedagogik yang dimiliki agar kompetensi pedagogik guru bisa semakin baik untuk kedepannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35220

Actions (login required)

View Item View Item