Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang untuk kelas X Akuntansi di SMK Kepanjen / Nora Hardiana

Hardiana, Nora (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang untuk kelas X Akuntansi di SMK Kepanjen / Nora Hardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Hardiana Nora. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang Untuk Kelas X Akuntansi di SMK Kepanjen. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sunaryanto M. Ed. Kata Kunci Pengembangan media pembelajaran interaktif Perkembangan teknologi berpengaruh terhadap seluruh aspek kehidupan manusia. Pada bidang pendidikan teknologi dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Guru harus dapat menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Pemanfaatan media pembelajaran dapat membantu guru dalam menyampaikan informasi materi kepada peserta didik. Multimedia interaktif merupakan salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang kelas X SMK jurusan akuntansi serta untuk menguji validitas kelayakan dan efektivitas media interaktif tersebut dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research dan Development). Metode yang digunakan yaitu eksperimen untuk menguji tingkat efektifitas media dengan melakukan pengukuran terhadap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Model dari penelitian yang digunakan mengacu kepada model Borg and Gall. Prosedur yang dilakukan telah dimodifikasi meliputi pengumpulan informasi perencanaan produk pengembangan produk uji validitas produk revisi produk ke satu uji coba lapangan revisi produk ke dua dan produk akhir. Validasi produk melibatkan satu dosen TEP UM satu guru akuntansi di SMK Kepanjen peserta didik kelas X3 akuntansi di SMK Kepanjen. Penilaian produk dilakukan dengan cara penilaian menggunakan angket serta pretest posttest yang diberikan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif. Produk media pembelajaran interaktif menyajikan materi jurnal penyesuaian secara jelas dan memberikan soal latihan dalam bentuk pilihan ganda essay dan kuis. Berdasarkan penilaian produk diketahui bahwa tampilan dan konsep media interaktif telah sesuai serta dapat memudahkan peserta didik dalam belajar. Hasil uji efektivitas produk yang dilakukan dengan menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dibuktikan dengan nilai sig. 2 tailed sebesar 0 000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan media pembelajaran interaktif yang dikemas dalam CD interaktif dapat menggunakan komputer atau laptop. Penggunaan media sebagai media pembelajaran oleh peserta didik dapat dilakukan saat dikelas maupun diluar kelas. Pengembangan selanjutnya diharapkan dapat memanfaatkan media pembelajaran interaktif kedalam android agar lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35219

Actions (login required)

View Item View Item