Farida, Nur (2018) Pengaruh penalaran moral dan prestasi belajar terhadap academic dishonesty (studi pada mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Nur Farida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Farida Nur. 2018. Pengaruh Penalaran Moral dan Prestasi Belajar Terhadap Academic Dishonesty (Studi pada Mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang). Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sulastri S.Pd. M.SA. Kata Kunci Penalaran Moral Prestasi Belajar Academic Dishonesty Academic dishonesty atau kecurangan akademik merupakan segala jenis tindakan individu yang secara sadar dilakukan untuk memenuhi keuntungan pribadinya dengan cara-cara yang tidak benar dan tidak sah yang nantinya dapat merugikan berbagai pihak di dalam lingkungan akademik atau pendidikan.Tindakan academic dishonesty meliputi plagiasi menyontek penggandaan tugas pemalsuan data dan kerjasama yang salah yang berkaitan dengan bidang akademik. Penelitian ini membahas beberapa faktor penyebab academic dishonesty yaitu penalaran moral dan pretasi belajar. Penalaran moral adalah suatu proses berfkir dan pertimbangan individu sebagai bentuk penilaian mendasar mengenai baik buruknya suatu tindakan dilakukan berdasarkan berbagai aturan hak serta kewajiban yang mengikat setiap individu. Sedangkan prestasi belajar adalah pencapaian atau bukti keberhasilan dari peserta didik yang diperoleh dari penguasaan atas apa yang telah diterima selama proses pembelajaran sebagai tolak ukur dari kemampuan individu konteks peserta didik dalam lingkungan perguruan tinggi adalah mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penalaran moral (X1) dan prestasi belajar (X2) terhadap academic dishonesty (Y). Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanasi. Kemudian populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang angkatan 2014. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 112 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu propotional random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan penalaran moral berpengaruh negatif terhadap academic dishonesty. Hal ini menjelaskan semakin tinggi penalaran moral yang dimiliki mahasiswa maka semakin rendah academic dishonesty yang dilakukan mahasiswa. Selain itu hasil penelitian ini juga menunjukkan prestasi belajar berpengaruh negatif terhadapa academic dishonesty. Hal ini menjelaskan semakin tinggi prestasi belajar yang dimiliki mahasiswa maka semakin rendah academic dishonesty yang dilakukan mahasiswa. Berdasarkan penelitian ini disarankan (1) bagi mahasiswa dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan penalaran moral serta kompetensi diri dalam proses perkuiahan sehingga dapat menyelesaikan kuliah dengan nilai yang baik tanpa harus berbuat curang. (2) bagi dosen dan lembaga pendidikan dapat melakukan langkah pencegahan untuk upaya meminimalisir perilaku academic dishonesty. (3) bagi peneliti selanjutnya hendaknya lebih memperhatikan faktor-faktor lain yang mendorong timbulnya academic dishonesty dan menambah teknik pengambilan data dengan wawancara atau observasi mendalam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/35210 |
Actions (login required)
View Item |