Pengembangan kartu UNO sebagai alat evaluasi mata pelajaran konsep dasar akuntansi dan pelaporan keuangan / Eka Savitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan kartu UNO sebagai alat evaluasi mata pelajaran konsep dasar akuntansi dan pelaporan keuangan / Eka Savitri

Savitri, Eka (2018) Pengembangan kartu UNO sebagai alat evaluasi mata pelajaran konsep dasar akuntansi dan pelaporan keuangan / Eka Savitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Savitri Eka. 2018. Pengembangan Kartu UNO Sebagai Alat Evaluasi Mata Pelajaran Konsep Dasar Akuntansi Dan Pelaporan Keuangan. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Cipto Wardoyo S.E. M.Pd. M.Si. Ak. CA. Kata Kunci Alat Evaluasi Pembelajaran Evaluasi Pembelajaran Kartu UNO Dalam proses pembelajaran tidak lepas dari evaluasi. Evaluasi pembelajaran bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan peserta didik sudah mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan dan untuk mengukur sejauh mana pemahaman peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Tidak hanya proses pembelajaran yang harus menyenangkan melainkan evaluasi pembelajaran harus menyenangkan agar telah dipelajari oleh peserta didik tidak hilang karena mereka merasa tertekan sehingga model evaluasi pembelajaran pun harus dikembangkan. Salah satunya menggunakan alat evaluasi yang berbeda yaitu dengan menggunakan instrumen kartu. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian dan pengembangan yang dikenal dengan Research and Development dengan model pengembangan 4D. Model pengembangan ini terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu define (pendefinisian) design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Namun pengembangan ini hanya melakukan tiga tahap 3D hal ini dikarenakan model 4D yaitu disseminate (penyebaran) membutuhkan kajian yang lebih mendalam. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil angket pengujian yang diskalakan dengan menggunakan skala Likert yang dilakukan oleh peneliti sedangkan data kualitatif berdasarkan kritik dan saran yang diperoleh dari validator sebagai pertimbangan untuk melakukan revisi. Berdasarkan analisis data tersebut ahli evaluasi pembelajaran menyatakan alat evaluasi pembelajaran diperoleh sebesar 87 77% dinyatakan sangat valid dan layak. Ahli materi akuntansi menyatakan alat evaluasi pembelajaran dengan menggunakan kartu UNO sangat valid dan layak digunakan dengan prosentase 93%. Ahli media pembelajaran menyatakan alat evaluasi pembelajaran sangat valid dan layak digunakan dengan prosentase sebesar 95%. Berdasarkan hasil uji coba lapangan terbatas terhadap peserta didik kelas X Akuntansi 1 di SMKN 2 Blitar hasil analisis data menunjukkan bahwa kartu UNO sebagai alat evaluasi pembelajaran sangat valid dan layak digunakan dengan prosentase sebesar 81 11%. Saran pengembangan untuk peneliti selanjutnya adalah diharapkan dapat menguji efektifitas model evaluasi pembelajaran ini dan dapat digunakan disekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35208

Actions (login required)

View Item View Item