Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa kelas X Akuntansi SMK PGRI Turen / Lalu Yayan Ardiansyah

Ardiansyah, Lalu Yayan (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa kelas X Akuntansi SMK PGRI Turen / Lalu Yayan Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ardiansyah, Lalu Yayan. 2018. Pengembanagan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Kelas X Akuntansi SMK PGRI TUREN. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sriyani Mentari, S.Pd, M.M. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Perusahaan Jasa. Pembelajaran merupakan proses interaksi dua arah antara pendidik dan peserta didik. Menurut pandangan Behaviorisme belajar merupakan perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman. perilaku memusatkan pada interaksi dengan lingkungannya yang dapat dilihat dan diukur. Prinsip-prinsip perilaku diterapkan secara luas untuk membantu orang-orang mengubah perilakunya ke arah yang lebih baik. Pandangan ini menekankan pada hasil belajar merupakan hasil dari pengalaman belajar yang didapatkan oleh siswa. Bahan, media, peralatan, lingkungan, dan fasilitas lainnya disediakan untuk membantu pembentukan tersebut. Kegiatan pembelajaran pada saat ini tidak terlepas dari adanya dukungan fasilitas belajar berupa media sebagai penunjang proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (Dick and Carry: 1996). Tahapan yang dilakukan meliputi tahap analisis (Analysis), tahap desain (Design), tahap Pengembangan (Depelovement), tahap implementasi (Implementation) dan tahap evaluasi (Evaluation). Validasi multimedia interaktif dilakukan oleh 1 dosen teknologi pendidikan (TEP) UM, 1 guru akuntansi SMK PGRI Turen dan 19 siswa kelas X akuntansi di SMK PGRI Turen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket penilaian sesudah diberi perlakuan untuk uji efektivitas produk. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif berupa skor angket dan data kualitatif berupa uraian pendapat, komentar dan saran. Produk yang dihasilkan berupa multimedia interaktif yang memuat kriteria yang memuat materi akuntansi perusahaan jasa yang dilengkapi dengan adanya gambar, audio, video dan soal evaluasi. Hasil uji penilaian dari ahli media menunjukkan multimedia interaktif memperoleh nilai 92% dan ahli materi menunjukkan multimedia interaktif memperoleh nilai 89% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan siswa kelas X akuntansi SMK PGRI Turen sebagai pengguna memperoleh nilai rata ÔÇô rata 87.68% dengan kriteria sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif dianggap efektif. Disarankan untuk untuk mengembangkan multimedia interaktif untuk materi yang lainnya, membuat desain grafis yang lebih menarik dengan mempertimbangkan konten dan ukuran dari multimedia interaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35203

Actions (login required)

View Item View Item