Pengembangan media e-learning pelajaran biologi pokok bahasan sistem pencernaan pada manusia dan hewan untuk siswa kelas XI IPA 2 MA Ma'arif Udanawu Blitar / Roro Ajeng Anindyo Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media e-learning pelajaran biologi pokok bahasan sistem pencernaan pada manusia dan hewan untuk siswa kelas XI IPA 2 MA Ma'arif Udanawu Blitar / Roro Ajeng Anindyo Rahayu

Rahayu, Roro Ajeng Anindyo (2012) Pengembangan media e-learning pelajaran biologi pokok bahasan sistem pencernaan pada manusia dan hewan untuk siswa kelas XI IPA 2 MA Ma'arif Udanawu Blitar / Roro Ajeng Anindyo Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan E-learning Biologi Perkembangan teknologi dan informasi beberapa tahun terakhir ini sangat pesat sehingga mengubah paradigma masyarakat khususnya siswa dalam mencari dan mendapatkan informasi pembelajaran yang tidak lagi terbatas ruang dan waktu. Dengan media pembelajaran berbasis komputer memungkinkan pembelajaran yang terkoneksi dengan jaringan internet. E-learning sebagai pembelajaran yang dapat dilakukan dengan bantuan jaringan internet sehingga proses pembelajaran tidak hanya dilakukan di dalam kelas dan pada waktu tertentu. Tujuan dari pengembangan ini adalah mengembangkan media e-learning pelajaran biologi pokok bahasan sistem pencernaan pada manusia dan hewan kelas XI IPA 2 semester genap di MA Ma arif Udanawu Blitar dan mengetahui validitas e-learning yang dihasilkan dari pengembangan ini. Metode pengembangan yang digunakan adalah model waterfall dengan prosedur pengembangan yang terdiri dari 1) analisis kebutuhan 2) desain 3) produksi 4) pengujian 5) pemeliharaan. Pengembangan media pembelajaran ini di uji cobakan kepada siswa kelas XI IPA 2 di MA Ma arif. Jenis data yang digunakan dalam pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam pengembangan ini menggunakan instrumen antara lain angket (ahli media ahli materi siswa) dan tes formatif. Teknik analisis data yang digunakan antara lain tanggapan ahli media tanggapan ahli materi dan siswa dengan menggunakan kriteria kevalidan/kelayakan media pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan menggunakan tes formatif untuk mengetahui apakah media e-learning ini dapat digunakan sebagai alternatif pencapaian tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil pengembangan media e-learning yang telah diuji cobakan kepada ahli media ahli materi dan siswa. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh hasil sebesar 81 6% ahli materi diperoleh hasil sebesar 83 3% siswa secara perorangan diperoleh hasil sebesar 87.51% dalam uji coba kelompok kecil diperoleh hasil sebesar 89 75% uji coba klasikal diperoleh hasil sebesar 90 8%. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-learning yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat valid/sangat layak untuk digunakan di MA Ma arif Udanawu Blitar. Dengan ketuntasan klasikal minimal 80% dari 40 siswa hasil tes formatif siswa yang telah mencapai SKM 70 sebanyak 35 siswa (87 5%) dan yang belum mencapai sebanyak 5 siswa (12 5%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ketuntasan klasikal minimal telah tercapai dan pengembangan media e-learning sangat layak digunakan pada proses pembelajaran. Saran yang diajukan untuk pengembang berikutnya yaitu hendaknya lebih memperhatikan pemilihan materi pemilihan software dan akan lebih baik lagi jika pengembangan selanjutnya tidak hanya menyediakan satu mata pelajaran tetapi terdapat berbagai mata pelajaran yang dapat diikuti oleh siswa sehingga tidak hanya mata pelajaran biologi yang dapat diakses oleh siswa kapanpun tanpa adanya batasan ruang dan waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/352

Actions (login required)

View Item View Item