Implementasi kegiatan pembelajaran pada Program Full Day School di SMK Jurusan Akuntansi Kabupaten Malang / Eka Viradayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kegiatan pembelajaran pada Program Full Day School di SMK Jurusan Akuntansi Kabupaten Malang / Eka Viradayanti

Viradayanti, Eka (2018) Implementasi kegiatan pembelajaran pada Program Full Day School di SMK Jurusan Akuntansi Kabupaten Malang / Eka Viradayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Viradayanti Eka. 2018. Implementasi Kegiatan Pembelajaran pada Program Full Day School di SMK Jurusan Akuntansi Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E M.Si. Ak Kata Kunci Implementasi kegiatan pembelajaran full day school Pelaksanaan program full day school menyebabkan penambahan waktu belajar di sekolah untuk kegiatan intrakurikuler kokurikuler dan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk penguatan karakter peserta didik. Penambahan jam belajar menimbulkan kejenuhan siswa sehingga dibutuhkan metode pembelajaran yang menyenangkan untuk mengatasi masalah tersebut. Penggunaan metode pembelajaran guru dipertimbangkan terhadap sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif multi situs yang melibatkan beberapa situs dengan asumsi situs yang dijadikan subjek penelitian memiliki karakteristik yang sama. Kehadiran peneliti di lapangan sebagai human instrument untuk pengumpulan data dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Temuan penelitian ini antara lain a. Pelaksanaan kegiatan intrakurikuler kokurikuler dan ekstrakurikuler SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen (1) jadwal pelaksanaan belum sesuai (2) kegiatan pembelajaran sudah menanamkan karakter (3) Guru berhasil menciptakan strategi untuk mencegah siswa bosan mengikuti pembelajaran (4) belum sepenuhnya guru melaksanakan kegiatan kokurikuler pendalaman kompetensi dasar (5) kegiatan ekstrakurikuler menggunakan sistem wajib kurikuler (6) media dan sumber belajar terbatas. Sedangkan SMK Negeri 1 Turen (1) jadwal pembelajaran belum sesuai (2) kegiatan pembelajaran sudah menanamkan karakter (3) guru berhasil menggunakan strategi pembelajaran untuk mengatasi kejenuhan dan kebosanan (4) semua guru melaksanakan kegiatan kokurikuler pendalaman kompetensi dasar (5) kegiatan ekstrakurikuler menggunakan sistem blok (6) fasilitas sudah menunjang dan guru kreatif. b. faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung pelaksanaan kegiatan intrakurikuler kokurikuler dan ekstrakurikuler diantaranya (1) mata pelajaran yang diampu guru akuntansi menarik (2) faktor internal dalam diri siswa (3) pembina ekstrakurikuler yang terpenuhi (4) dukungan kepala sekolah (5) lingkungan belajar yang kondusif (6) fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambat (1) siswa yang jenuh mengikuti pembelajaran (2) kurangnya pembina kegiatan kokurikuler (3) kurangnya ketertiban siswa (4) kurangnya motivasi siswa mengikuti ekstrakurikuler wajib (5) pembawaan guru ketika mengajar (6) kurangnya fasilitas (7) guru dan orangtua kurang memahami pentingnya life skill. Saran diberikan bagi (1) Guru lebih memahami kondisi dan karakteristik peserta didik serta meningkatkan pembelajaran yang menyenangkan (2) sekolah sebagai instansi yang berdiri sendiri disarankan senantiasa memperhatikan sarana dan prasarana milik sekolah (3) peneliti selanjutnya mengali lebih pelaksanaan full day school di sekolah yang jam belajarnya sesuai dan kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35198

Actions (login required)

View Item View Item