Ramadhari, Dina Putri (2024) Pengembangan media pembelajaran mbois (media brosur historis) berbasis qr code materi perkembangan trem di Kabupaten Malang masa Kolonial untuk siswa Kelas xi l SMA Negeri 1 Tumpang / Dina Putri Ramadhari</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Ramadhari Dina Putri. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Mbois (Media Brosur Historis) berbasis QR Code Materi Perkembangan Trem di Kabupaten Malang Masa Kolonial untuk Siswa Kelas XI L SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi. Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. R. Reza Hudiyanto S.S. M.Hum. Kata Kunci Mbois trem brosur Mbois (Media Brosur Historis) merupakan produk media pembelajaran berbentuk brosur yang dikombinasikan dengan QR Code untuk siswa kelas XI L SMA Negeri 1 Tumpang. Media pembelajaran Mbois memuat materi mengenai perkembangan trem di Kabupaten Malang pada masa kolonial. Pemilihan materi ini dilakukan karena berkaitan dengan potensi transportasi trem pada masa kolonial sebagai salah satu sumber belajar sejarah lokal siswa dengan memanfaatkan teknologi digital masa kini. Potensi lain juga dapat dilihat dari kedekatan lokasi sekolah siswa dengan peninggalan infrastuktur jalur trem yang sama-sama berada di Kecamatan Tumpang. Sehingga siswa dapat melihat bukti sejarah secara langsung di lingkungan terdekatnya. Namun disisi lain dari berbagai potensi di atas masih terdapat permasalahan pada pembelajaran sejarah dimana guru masih sering menerapkan metode ceramah serta kurangnya penggunaan media pembelajaran bagi siswa. Hal ini memicu rasa bosan dan jenuh pada siswa sehingga membutuhkan suatu media pembelajaran inovatif. Potensi dan masalah inilah yang menjadi alasan dari pengembangan produk media Mbois. Tujuan dari penelitian pengembangan yakni menghasilkan media pembelajaran serta mengetahui kelayakan media Mbois berbasis QR Code pada materi perkembangan trem masa kolonial di Kabupaten Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R amp D) dengan model ADDIE. Model ini memiliki 5 tahapan yaitu (1) analyze (menganalisis) (2) design (mendesain) (3) develop (mengembangkan) (4) implement (mengimplementasikan) (5) evaluate (mengevaluasi). Pada pengembangan ini proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan penggunaan angket. Data yang diporelah bersifat kuantitatif dan kualitatif. Untuk menguji kelayakan dari media Mbois ini telah dilakukan uji validasi ahli materi dan ahli media dan uji coba produk terhadap siswa yang terbagi menjadi kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil pengembangan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran Mbois. Media Mbois merupakan media pembelajaran yang berisi uraian materi mengenai perkembangan trem di Kab. Malang yang dikemas secara menarik dalam bentuk teks gambar dan suara. Media Mbois sendiri merupakan media yang berbentuk brosur cetak yang di dalamnya terdapat QR-Code yang bisa diakses siswa melalui smartphone secara online. Hasil uji validitas oleh ahli materi mendapatkan hasil sebesar 96% dan ahli media sebesar 91%. Dari hasil persentase ini menunjukan bahwa media Mbois masuk dalam kategori sangat valid sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan hasil uji coba produk pada kelompok kecil diperoleh persentase 86% dan kelompok besar 91%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media Mbois sangat valid digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/351970 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |