Penerapan Media Mind Mapping dan Power Point Sebagai Media dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa / Lutfiana Fajriyah

Fajriyah, Lutfiana (2018) Penerapan Media Mind Mapping dan Power Point Sebagai Media dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa / Lutfiana Fajriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fajriyah, Lutfiana. 2018. Penerapan Media Mind Mapping dan Power Point Sebagai Media dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Cipto Wardoyo, M.Pd., M.Si., Ak, CA. Kata Kunci : Media Mind Mapping, Media Power Point, Motivasi Belajar Keberhasilan siswa dalam pembelajaran dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu faktor eksternal yaitu media pembelajaran yang digunakan guru dan faktor internal yaitu motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media yang lebih meningkatkan motivasi belajar siswa diantara penerapan mind mapping dan power point. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas X AK SMKS Kepanjen tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling, sebanyak 32 siswa pada kelas X AK 4 yang diberikan treatment mind mapping dan 32 siswa pada kelas X AK 1 diberikan treatment power point. Metode pengumpulan data menggunakan kuisoner dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial bentuk uji beda independent sample t test dengan menggunakan software SPSS versi 24.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan media mind mapping lebih meningkatkan motivasi belajar siswa dari pada media power point dengan tingkat sig sebesar 0,003 < 0,05. Saran untuk peneliti lain yang akan melakukan penelitian serupa, agar menambah variabel penelitian lain karena banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35197

Actions (login required)

View Item View Item