Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap belajar siswa dengan motivasi belajar siswa sebagai variabel moderating pada siswa kelas X Akuntansi di SMK Kerpanjen Malang / Mochamad Aji Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap belajar siswa dengan motivasi belajar siswa sebagai variabel moderating pada siswa kelas X Akuntansi di SMK Kerpanjen Malang / Mochamad Aji Santoso

Santoso, Mochamad Aji (2018) Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap belajar siswa dengan motivasi belajar siswa sebagai variabel moderating pada siswa kelas X Akuntansi di SMK Kerpanjen Malang / Mochamad Aji Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Santoso Mochamad Aji. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Motivasi Belajar Siswa sebagai Variabel Moderating pada Siswa Kelas X Akuntansi di SMK Kepanjen Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata Kunci model pembelajaran problem-based learning berbasis masalah hasil belajar siswa motivasi belajar siswa. Hasil belajar yang baik seringkali dipengaruhi oleh banyak faktor beberapa diantaranya adalah model pembelajaran yang diterapkan pengajar juga motivasi yang ada pada siswa. Model pembelajaran yang diterapkan di sekolah seringkali hanya menggunakan model pembelajaran konvensional atau ceramah. Sedangkan saat ini siswa dituntut untuk mengembangkan pola pikirnya secara kritis. Model pembelajaran yang cocok untuk ini yaitu dengan model pembelajaran berbasis masalah atau sering disebut dengan Problem-Based Learning. Selain itu mata pelajaran akuntansi seringkali dianggap sebagai mata pelajaran yang susah dipahami jika hanya dengan metode ceramah. Karena pada dasarnya akuntansi merupakan mata pelajaran yang dibutuhkan pemikiran kritis untuk memahaminya. Tingginya hasil belajar siswa juga akan semakin dipengaruhi oleh seberapa tinggi motivasi belajar yang ada dalam diri siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem-based learning atau PBL yang dimoderasi oleh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain faktorial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi di SMK Kepanjen Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling sehingga diperoleh kelas X Ak 3 sebagai kelas eksperimen dan X Ak 4 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan test berupa pretest dan posttest dan menggunakan angket untuk memperoleh data dari motivasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Two way ANOVA dengan Interaksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran problem-based learning terhadap hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa dapat memoderasi pengaruh tersebut. Berkaitan dengan hal itu hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat ketika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35194

Actions (login required)

View Item View Item