Pengaruh motivasi belajarn self efficacy dan persdepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Kepanjen Malang / Octaviana Dwi Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi belajarn self efficacy dan persdepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Kepanjen Malang / Octaviana Dwi Saputri

Saputri, Octaviana Dwi (2018) Pengaruh motivasi belajarn self efficacy dan persdepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Kepanjen Malang / Octaviana Dwi Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Octaviana Dwi. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar Self Efficacy dan Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Kepanjen Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak Kata Kunci Motivasi Belajar Self Efficacy Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru Prestasi Belajar Siswa Pendidikan merupakan kebutuhan yang diperlukan oleh setiap manusia karena dengan adanya pendidikan dapat membantu manusia menjadi pribadi yang lebih baik. Pendidikan ialah usaha sadar dan terencana agar peserta didik dapat berperan aktif dalam kehidupannya. Keberhasilan belajar seorang siswa dalam menguasai pelajaran di sekolah tidak lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu motivasi belajar self efficacy dan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel motivasi belajar self efficacy dan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan akuntansi SMK Kepanjen Malang yaitu sebanyak 205 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan propotional random sampling sebanyak 135 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif sedangkan data primer berupa hasil angket untuk variabel motivasi belajar self efficacy dan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru sedangkan data sekunder berupa nilai ulangan harian siswa. Teknik analisis adalah analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar self efficacy dan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Guru mata pelajaran Akuntansi Dasar kelas X AK diharapkan dapat meningkatkan kompetensi profesional dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan mengikuti seminar atau pelatihan untuk menambah ilmu dan mengembangkan kompetensinya. (2) Guru diharapkan agar memperhatikan psikologi siswa atau kondisi psikis siswa karena kondisi psikologi siswa dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. (3) Siswa diharapkan untuk mempertahankan atau meningkatkan faktor motivasi belajar dan self efficacy. (4) Bagi peneliti selanjutnya sebagai referensi penelitian sejenis dan acuan dalam melakukan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35192

Actions (login required)

View Item View Item