Pengaruh perfeksionisme dan persepsi mahasiswa tentang strategi pembelajaran dosen terhadap prestasi belajar pengantar akuntansi II dengan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran sebagai variabel moderating / Novita Dwi Cahyani

Cahyani, Novita Dwi (2018) Pengaruh perfeksionisme dan persepsi mahasiswa tentang strategi pembelajaran dosen terhadap prestasi belajar pengantar akuntansi II dengan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran sebagai variabel moderating / Novita Dwi Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyani, Novita, Dwi. 2018. Pengaruh Perfeksionisme dan Persepsi Mahasiswa tentang Strategi Pembelajaran Dosen terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi II dengan Keterlibatan Mahasiswa Dalam Pembelajaran sebagai Variabel Moderating. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak. Kata Kunci : Perfeksionisme, Persepsi Mahasiswa tentang Strategi Pembelajaran Dosen, Prestasi Belajar, Keterlibatan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan adanya pengaruh positif signifikan antara perfeksionisme, persepsi mahasiswa tentang strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar Pengantar Akuntansi II. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan bahwa variabel keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran memperkuat pengaruh perfeksionisme terhdap prestasi belajar Pengantar Akuntansi II, dan memperkuat pengaruh persepsi mahasiswa tentang strategi pembelajaran dosen terhadap prestasi belajar Pengantar Akuntansi II. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2017 dengan jumlah sampel 93 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan proportional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan dokumentasi. Data diolah menggunakan aplikasi SPSS 24. Uji yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji MRA. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukkan bahwa: (1) perfeksionisme berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar Pengantar Akuntansi II sebesar 28,3%; (2) persepsi mahasiswa tentang strategi pembelajaran dosen berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar Pengantar Akuntansi II sebesar 48,9%; (3) Keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran memperkuat pengaruh perfeksionisme terhadap prestasi belajar Pengantar Akuntansi II sebesar 29,5%; (4) keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran memperkuat pengaruh persepsi mahasiswa tentang strategi pembelajaran dosen terhadap prestasi belajar Pengantar Akuntansi II sebesar 9,3%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35191

Actions (login required)

View Item View Item