Pengaruh kecerdasan logis-matematis dan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi dasar siswa kelas X Akuntansi Keuangan dan Lembaga di SMK Negeri 1 Turen dengan self-efficacy sebagai variabel moderasi / Hanifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan logis-matematis dan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi dasar siswa kelas X Akuntansi Keuangan dan Lembaga di SMK Negeri 1 Turen dengan self-efficacy sebagai variabel moderasi / Hanifah

Hanifah (2018) Pengaruh kecerdasan logis-matematis dan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi dasar siswa kelas X Akuntansi Keuangan dan Lembaga di SMK Negeri 1 Turen dengan self-efficacy sebagai variabel moderasi / Hanifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hanifah. 2018. Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Keterampilan Metakognitif terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi Keuangan dan Lembaga di SMK Negeri 1 Turen dengan Self-Efficacy Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Tuhardjo S. E. M. Si Ak. Kata Kunci Kecerdasan Logis Matematis Keterampilan Metakognitif Hasil Belajar mata pelajaran Akuntansi dasar self efficacy Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi psikis sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan belajar guru dan lainnya. Faktor internal salah satunya yaitu faktor intelegensi dimana pada penelitian ini yang digunakan yaitu Kecerdasan Logis Matematis kecerdasan ini adalah kemampuan seseorang dalam bidang angka dan logika pada mata pelajaran akuntansi dasar erat kaitannnya dengan angka dan logika selain itu faktor yang mepengaruhi hasil belajar yaitu keterampilan metakognitif keterampilan metakognitif adalah kemampuan seseorang untuk mengatur cara belajarnya. Self efficacy digunakan untuk memoderasi pengaruh kedua varibel tersebut terhadap hasil belajar. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Kecerdasan logis Matematis dan Keterampilan Metakognitif Variabel dependen adalah hasil belajar mata pelajaran akuntansi dasar dan variabel moderasi yaitu self efficacy. Peneliti memilih SMK Negeri 1 Turen sebagai tempat penelitian dan menjadikan siswa kelas X Akuntansi keuangan dan lembaga sebagai sampel. Jumlah populasi sebanyak 143 siswa dalam pemilihan sampel menggunakan simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin diperoleh hasil sebanyak 108 siswa. Pengumpulan data menggunakan data primer berupa tes dan penyebaran angket. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif jenis ex post facto dan eksplanasi dengan analisis data sebagai berikut (1) Uji T dan (2) Uji MRA Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan logis matematis brengaruh positif dan signifikan sebesar 21% dan tingkat signifikannya 0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35188

Actions (login required)

View Item View Item