Pengaruh sistem ujian terhadap motivasi belajar dengan tingkat kecemasan menghadapi ujian sebagai variabel moderasi pada siswa kelas X Akuntansi di SMK Kepanjen / Lilis Khoiriyah

Khoiriyah, Lilis (2018) Pengaruh sistem ujian terhadap motivasi belajar dengan tingkat kecemasan menghadapi ujian sebagai variabel moderasi pada siswa kelas X Akuntansi di SMK Kepanjen / Lilis Khoiriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Khoiriyah, Lilis. 2018. Pengaruh Sistem Ujian terhadap Motivasi Belajar dengan Tingkat Kecemasan Menghadapi Ujian sebagai Variabel Moderasi pada Siswa Kelas X Akuntansi di SMK Kepanjen. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M., Ak. Kata Kunci: sistem ujian open book, sistem ujian close book, motivasi belajar, tingkat kecemasan menghadapi ujian. Sistem ujian merupakan cara bagaimana ujian dilaksanakan. Sistem ujian dalam penelitian ini dibedakan menjadi dua yaitu sistem ujian open book dan sistem ujian close book. Pada umumnya, siswa akan cenderung termotivasi belajar ketika akan menghadapi ujian, terlebih lagi jika ujian dilaksanakan dengan cara yang sulit. Tingginya motivasi belajar ini akan semakin dipengaruhi oleh seberapa tinggi tingkat kecemasan yang dimiliki siswa ketika akan menghadapi ujian. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh sistem ujian terhadap motivasi belajar, (2) pengaruh sistem ujian terhadap motivasi belajar dengan tingkat kecemasan menghadapi ujian sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi di SMK Kepanjen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling sehingga diperoleh kelas X Akuntansi 1 sebagai kelas eksperimen dan X Akuntansi 4 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Two Way ANOVA dengan Interaksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh sistem ujian terhadap motivasi belajar dan tingkat kecemasan menghadapi ujian dapat memoderasi pengaruh tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa siswa akan lebih termotivasi belajar ketika akan menghadapi sistem ujian open book daripada close book, terlebih lagi jika siswa memiliki tingkat kecemasan menghadapi ujian yang tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35184

Actions (login required)

View Item View Item