Pengembangan modul praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah kelas XII smester ganjil pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Akuntansi / Navy Eka Damayanti

Damayanti, Navy Eka (2018) Pengembangan modul praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah kelas XII smester ganjil pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Akuntansi / Navy Eka Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Damayanti, Navy Eka. 2018. Pengembangan Modul Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah Kelas XII Semester Ganjil untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Akuntansi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Hj. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si.,Ak Kata Kunci: Pengembangan Modul, Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah Penerapan kurikulum 2013 dengan Edisi Revisi 2017 berdampak pada penambahan mata pelajaran baru dan kebutuhan bahan ajar yang sesuai dengan paradigma yang dituntut oleh kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Ketersediaan bahan ajar yang sesuai dengan KI dan KD masih belum tersedia dibeberapa Sekolah Menengah Kejuruan. Bahan ajar yang dikembangkan adalah modul praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah untuk kelas XII semester ganjil. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menghasilkan modul akuntansi lembaga/instansi pemerintah untuk kelas XII semester ganjil dan untuk menguji kelayakan modul tersebut sebagai bahan ajar dalam pembelajaran. 2) mengetahui kelayakan dan kesesuaian materi pada modul praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah untuk kelas 12 SMK Akuntansi Model penelitian dan pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Model ADDIE yang dikembangkan oleh Tegeh, yang terdiri dari tahap analisis (Analyze), tahap perencanaan (Design), dan Pengembangan (Development). Penelitian ini tidak mengunakan tahap penerapan (Implementation) dan tahap evaluasi (Evaluation) dikarenakan beberapa keterbatasan. Uji kelayakan modul dilakukan oleh 1 ahli materi dan 1 ahli desain. Jenis data yang diambil berupa data kualitatif. Data kualitatif dianalisis menggunakan teknik wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa modul telah sesuai untuk digunakan sebagai bahan ajar praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah untuk kelas XII semester ganjil pada Sekolah Menengah Kejuruan Akuntansi. Modul telah sesuai dengan isi materi KI KD praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah kelas XII semester ganjil. Pada penelitian selanjuatnya diharapkan agar peneliti melakukan uji coba terbatas kepada peserta didik untuk mengetahui keefektivitasan modul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35183

Actions (login required)

View Item View Item