Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Turen / Cicik Ariska

Ariska, Cicik (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Turen / Cicik Ariska. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ariska, Cicik. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Turen. Sarjana Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sulastri, S.Pd, M.SA Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Akuntansi Dasar, Hasil Belajar Perangkat pembelajaran merupakan salah satu alternatif yang tepat dan perlu dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Salah satunya faktor yang mempengaruhi belajar yaitu dengan tersedianya alat-alat dan metode mengajar saat proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang efektif didukung dengan pengelolaan kelas yang baik, yakni dengan membuat perencanaan sebelum proses belajar yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Di SMK Negeri 1 Turen menunjukkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) belum mencerminkan kebutuhan dari siswa dilihat dari penggunaan pendekatan pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Bahan ajar yang digunakan masih menggunakan buku terbitan tahun lama yakni tahun 1994 dan bahan ajar yang jumlahnya relatif sedikit siswa harus memfotocopy buku tersebut. Selain itu, Media yang digunakan masih menggunakan powerpoint yang masih bersifat full text dan kurang menarik saat proses pembelajaran. Menjadikan siswa merasa bosan dalam memperhatikan pembelajaran. Maka dari itu, diperlukan Pengembangan Perangkat pembelajaran yang bisa membuat minat belajar siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan modifikasi model pengembangan dari Borg and Gall (1983) dengan mengambil 9 Tahapan yakni 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data dan Informasi, 3) Desain Produk, 4) Validasi Produk, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk, 8) Uji Coba Pemakaian, 9) Revisi Produk. Validasi dilakukan Validasi Ahli Pendidikan, Ahli Media, dan Ahli Materi serta Respon Guru dan Siswa Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kelayakan perangkat pembelajaran akuntansi berdasarkan penilaian dari 1) Ahli Media memperoleh nilai presentase kelayakan sebesar 92%, kategori Sangat Layak, 2) Ahli Materi memperoleh nilai presentase kelayakan sebesar 93%, kategori Sangat Layak, 3) Ahli Pendidikan memperoleh nilai presentase 96%, kategori Sangat Layak. sedangkan Pengguna, 1) Guru memperoleh nilai presentase kelayakan sebesar 96%, kategori Sangat Layak, 2) Siswa memperoleh nilai presentase sebesar 87%, kategori Sangat Layak. Berdasarkan, hasil pre-test dan post-test siswa kelas XAK-3 pada uji coba lapangan menunjukkan Asym. Sig sebesar 0,000 yang berarti tingkat signifikasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35182

Actions (login required)

View Item View Item