Pengaruh self-efficacy dan prokrastinasi akademik terhadap perilaku kecurangan akademik siswa kelas X Akuntansi di SMKS Kepanjen / Neneng Oktavia Meliannawati

Meliannawati, Neneng Oktavia (2018) Pengaruh self-efficacy dan prokrastinasi akademik terhadap perilaku kecurangan akademik siswa kelas X Akuntansi di SMKS Kepanjen / Neneng Oktavia Meliannawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Meliannawati, Neneng Oktavia. 2018. Pengaruh Self-Efficacy dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Siswa Kelas X Akuntansu Di SMKS Kepanjen Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M.,Ak. Kata Kunci : Self-Efficacy, Prokrastinasi akademik, Kecurangan Akademik Kecurangan akademik merupakan ketidak jujuran akademik, perilaku menyontek tugas teman, menyalin pekerjaan teman pada saat tes, Plagiarism dan menghambil keuntungan (lemahnya pengawasan) pada saat ujian seperti membawa catatan kecil, melihat handphone, dan lain-lain. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecurangan akademik diantaranya adalah self-efficacy dan prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh self-efficacy terhadap perilaku kecurangan akademik (2) pengaruh prokrastinasi akademik terhadap kecurangan akademik. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan Akuntansi kelas X SMKS Kepanjen yang berjumlah 195 siswa. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 131 siswa yang diambil menggunakan metode simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan munggunakan skala likert untuk mengukur variabel-variabel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi liniear berganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa self-efficacy memiliki pengaruh negatif terhadap kecurangan akademik sebesar -2,405 dengan ttabel sebesar -1,656 sedangkan prokrastinasi akademik memiliki pengaruh positif terhadap kecurangan akademik sebesar 8,137 dengan ttabel sebesar 1,656. Dapat disimpulkan bahwa semakin rendah self-efficcay maka semakin tinggi pula kecurangan akademik yang dilakukan dan semakin tinggi prokrastinasi akademik maka semakin tinggi pula kecurangan akademik yang dilakukan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35181

Actions (login required)

View Item View Item