Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 12 Kota Malang / Ratna Dewi Arifyanti

Arifyanti, Ratna Dewi (2018) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 12 Kota Malang / Ratna Dewi Arifyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Arifyanti Ratna Dewi. 2018. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 12 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata Kunci persepsi kompetensi profesional guru kemandirian belajar siswa prestasi belajar akuntasi. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya yaitu kompetensi guru dan kemandirian belajar siswa. Kompetensi guru sangat berengaruh dalam proses belajar mengajar. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru adalah kompetensi profesional guru. Seorang guru yang dianggap memiliki kompetensi profesional yang baik oleh siswanya akan menjadikan siswa bersungguh-sungguh dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Selain kompetensi guru kemandirian belajar siswa juga memiliki peran penting dalam meningkatkan prestasi belajar. Dengan kemandirian belajar siswa memiliki kesadaran diri dan inisiatif untuk mengelola jadwa belajar serta terampil mencari sumber belajar yang diikuti dengan rasa tanggung jawab pantang menyerah dan percaya diri yang tinggi sehingga prestasi belajar yang baik pun akan tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi professional guru terhadap prestasi belajar akuntansi (2) pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa akuntansi (3) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi professional guru dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi di SMK Negeri 12 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Akuntansi di SMK Negeri 12 Malang yang berjumlah 142 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik proportional random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dan diperoleh sampel sebanyak 105 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan skala Likert dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi siswa tentang kompetensi profesional dan kemandirian belajar siswa mempunyai pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap prestasi belajar akuntansi. Pengaruh simultan sebesar 36 6% sedangkan masing-masing variabel bebas menyumbang sebesar 30 73% (persepsi siswa tentang kompetensi professional guru) dan 5 87% (kemandirian belajar siswa). Persepsi siswa tentang kompetensi professional guru mempunyai pengaruh yang dominan terhadap prestasi belajar akuntansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35178

Actions (login required)

View Item View Item