Studi fenomenologi: manajemen kurikulum mikro dalam penerapan fullday school di SMA Negeri 1 Tumpang / Sochibati Ilma - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi fenomenologi: manajemen kurikulum mikro dalam penerapan fullday school di SMA Negeri 1 Tumpang / Sochibati Ilma

Ilma, Sochibati (2018) Studi fenomenologi: manajemen kurikulum mikro dalam penerapan fullday school di SMA Negeri 1 Tumpang / Sochibati Ilma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ilma Sochibati. 2014. Manajemen Kurikulum Mikro dalam Penerapan Fullday School di SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Bambang Sugeng SE. MA. MM. Ak. Kata Kunci Fullday School Perencanaan Kurikulum Mikro Penguatan Karakter Fullday School merupakan salah satu sistem pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Tentunya dalam penerapan fullday school terdapat manajemen kurikulum mikro salah satunya adalah perencanaan kurikulum mikro yang berbeda dengan sistem halfday school.Penelitian ini berfokus pada penerapan fullday school dan implikasinya terhadap perencanaan kurikulum mikro dengan tujuan untuk melihat fenomena pemaknaan sistem fullday schooldan perencanaan kurikulum mikro dalam penerapan fullday school di SMAN 1 Tumpang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi yang dilakukan di SMAN 1 Tumpang. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara dengan Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum sebagai informan utama dan salah satu guru ekonomi sebagai informan pendukung. Dalam penelitian ini juga digunakan sumber data berupa dokumentasi sebagai data pendukung dari hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) Makna fullday school menurut SMAN 1 Tumpang yaitu pelaksanaan pembelajaran selama 37 5 jam per minggu yang didalamnya terdapat kegiatan penguatan pendidikan karakter siswa dengan didukung oleh perbaikan sarana dan prasarana dan kesiapan sumber daya manusia (2) Perubahan perencanaan kurikulum mikro dalam penerapan fullday school di SMAN 1 Tumpang antara lain a) Aspek teknis berupa penyusunan jadwal pelajarandenganpertimbangan faktor usia guru status guru beban kerja guru penempatan kegiatan di sekolah penambahan jam istirahat dan beban kerja siswa b) Aspek teknis berupa penyusunan kegiatan tambahan denganpertimbangan tujuan utama sekolah anggaran dan penilaian kegiatan-kegiatan yang sudah ada c)Perubahan perencanaan kurikulum mikro di kelas antara lain di SMA Negeri 1 Tumpang perencanaan strategi pembelajaran lebih berfokus pada aspek proses perencanaan kegiatan pengayaan dan penugasan berupa PR dihapuskan dan digantikan dengan tugas terstruktur dikelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35173

Actions (login required)

View Item View Item