Pratama, Angga Adi (2018) Pengembangan e-module berbasis 3D Pageflip Professional untuk mata pelajaran akuntansi dasar kelas X SMK / Angga Adi Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Pratama Angga Adi. 2018. Pengembanngan E-module Berbasis 3D Pageflip Professional Untuk Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Kelas X SMK. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sulastri S.Pd M.SA Kata Kunci E-Module 3d Pageflip Professional Akuntansi Dasar Hasil Belajar. Perkembangan IPTEK telah merambah dalam berbagai aspek kehidupan manusia salah satu aspek yang terkena adalah aspek pendidikan. Dalam dunia pendidikan perlu memanfaatkan perkembangan teknologi agar peserta didik termotivasi dan dapat belajar secara mandiri sebagaimana yang dianjurkan oleh kurikulum yang berlaku saat ini. Dengan adanya fasilitas sekolah berupa lab komputer guru dan peserta didik harus bisa memanfaatkan fasilitas tersebut dalam kegiatan pembelajaran. Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bahan ajar elektronik yang dapat dioperasikan melalui komputer salah satunya yaitu e-module. E-module adalah modul yang disusun secara sistematis dengan tujuan untuk membantu siswa dalam mencapai kompetensi tertentu yang didalamnya terdapat media pendukung seperti animasi gambar video dan disajikan dalam format elektronik. 3d Pageflip Professional merupakan software yang dapat membuat e-module tampak lebih menarik dan dapat menampilkan e-module dalam bentuk 3D. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu e-module berbasis 3d Pageflip Professional mata pelajaran Akuntansi Dasar Kelas X SMK. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-module berbasis 3d Pageflip Professional mata pelajaran Akuntansi Dasar kelas X SMK dan untuk menguji kelayakan dan efektivitas e-module tersebut dalam pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze design development implementation evaluation). Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari angket tertutup dan hasil pretest-postest pada kegiatan eksperimen. Data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar dari angket terbuka. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase untuk data kuantitatif analisis deskriptif untuk data kualitatif berupa saran dan komentar yang dapat langsung ditarik kesimpulan dan paired samples t-test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hasil validasi e-module berbasis 3d Pageflip Professional memperoleh presentase ahli media sebesar 95% ahli materi sebesar 86 25% dan pengguna sebesar 89 37%. Hasil uji efektivitas menggunakan paired samples t-test menunjukkan signifikansi 0 000 dimana angka tersebut kurang dari 0 05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-module berbasis 3d Pageflip Professional mata pelajaran Akuntansi Dasar layak dan efektif digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/35172 |
Actions (login required)
View Item |