Identifikasi kesulitan belajar akuntansi siswa Program Keahlian Akuntansi Keuangan di SMKN 01 Boyolangu Tulungagung / Putri Kusumaningrum

Kusumaningrum, Putri (2018) Identifikasi kesulitan belajar akuntansi siswa Program Keahlian Akuntansi Keuangan di SMKN 01 Boyolangu Tulungagung / Putri Kusumaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kusumaningrum, Putri. 2018. Identifikasi Kesulitan Belajar Akuntansi Pada Siswa Program Keahlian Akuntansi Keuangan Di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Suparti, M.P. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Siswa NA, Siswa NV Kesulitan belajar siswa merupakan hambatan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran.Peneliti menemukan masalah kesulitan belajar siswa di SMKN 01 Boyolangu Tulungagung dilihat dari prestasi akademik siswa yang tidak dapat dicapai secara optimal, peneliti juga menemukan perilaku siswa berbeda dengan siswa di kelas lain yang cenderung aktif dan dapat berkonsentrasi dalam belajar pembelajaran berlangsung. Siswa cenderung jenuh dan bosan saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap kesulitan belajar akuntansi serta pemahaman siswa guna mengatasi kesulitan belajar akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus pada siswa kelas XI program keahlian Akuntansi Keuangan di SMKN 01 Boyolangu Tulungagung. Subjek penelitian ini adalah siswa NV dan NA siswa kelas XI program keahlian Akuntansi Keuangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu siswa NV dan siswa NA. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahapan: (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat kesamaan penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa NV dan NA, beberapa hal dapat menyebabkan siswa NV mengalami kesulitan belajar akuntansi yaitu, keterbatasan kemampuan menghitung dan berbahsa asing, keterpaksaan siswa memilih jurusan, ketidaknyamanan guru mengajar, cara guru mengajar kurang inovatif, kurangnya bimbingan & perhatian belajar dari orang tua, sumber belajar akuntansi kurang lengkap, penyebab kesulitan belajar siswa NA terdapat penyebab yang lain, yaitu kesibukan siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Upaya siswa mengatasi kesulitannya yaitu mencontek pekerjaan temannya, belajar bersama teman satu kelas, mendiskusikan materi yang sulit dengan orang tua siswa. Upaya guru yaitu, memberikan tugas untuk latihan di rumah, memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa untuk belajar lebih giat dan tidak sering meninggalkan pelajaran. Upaya orang tua siswa, yaitu memberikan motivasi, serta membantu membimbing anak saat belajar. Keterbatasan penelitian ini adalah hasil temuan dapat berbeda apabila dilakukan bada subjek dan lokasi berbeda. Saran dalam penelitian ini guru diharapkan mampu menggunakan metode mengajar inovatif dan kreatif. Siswa diharapkan lebih meningkatkan gairah belajar dan sebaiknya mengurangi kegiatan ekstrakurikuler, orang tua diharapkan mampu memberikan motivasi belajar dan sebaiknya mendukung minat anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35170

Actions (login required)

View Item View Item