Analisis pengelolaan kelas guru akuntansi X pada mata pelajaran non-akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar / Fithri Khoiriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pengelolaan kelas guru akuntansi X pada mata pelajaran non-akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar / Fithri Khoiriyah

Khoiriyah, Fithri (2018) Analisis pengelolaan kelas guru akuntansi X pada mata pelajaran non-akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar / Fithri Khoiriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Khoiriyah Fithri. 2018. Analisis Pengelolaan Kelas Guru Akuntansi X pada Mata Non-Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Suparti M.P. Kata Kunci Pengelolaan Kelas Guru Akuntansi pada Mata Pelajaran Non- Akuntansi Guru dituntut bukan hanya menguasai materi saja tetapi juga harus mengupayakan kondisi kelas yang kondusif serta meminimalisir masalah-masalah yang terjadi didalam kelas agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Guru dengan latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan bidang tugas serta telah berpengalaman dalam mengajar tidak akan pernah dapat menghindarkan diri dari berbagai masalah yang ada di kelas. Oleh karena itu kemampuan guru dalam mengelola kelas sangat penting dimana guru akan menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikan kondisi belajar agar optimal apabila terjadi gangguan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru akuntansi X mengelola kelas pada mata pelajaran non-akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada guru akuntansi yang mengelola kelas pada mata pelajaran non-akuntansi. Subyek penelitian ini adalah salah satu guru akuntansi yang mengelola kelas pada mata pelajaran non-akuntansi di kelas X Akuntansi 2. Proses pengumpulan data menggunakan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Responden yang terkait terdiri dari guru Akuntansi X sebagai informan kunci guru wali kelas X Akuntansi 2 Wakasek Kurikulum dan siswi kelas X Akuntansi 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa analisis pengelolaan kelas guru akuntansi X pada mata pelajaran non-akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar kurang efektif dalam penerapan komponen keterampilan pengelolaan kelas. Komponen pengelolaan kelas diklasifikasikan menjadi dua yaitu keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar dan keterampilan yang berhubungan dengan pengembalian kondisi belajar yang optimal. Guru kurang mampu menerapkan komponen keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal terkait indikator memberikan petunjuk yang jelas disebabkan latar belakang pendidikan guru yang tidak liniear dengan bidang tugas sehingga menyebabkan peserta didik mengalami kebingungan dalam pembelajaran. Upaya guru dalam meningkatkan kompetensi tersebut dengan belajar mandiri dan belajar dengan teman sejawat. Selain itu guru kurang mampu menerapkan indikator pengelompokan siswa disebabkan pengelompokan siswa yang dilakukan oleh guru menyesuaikan karakteristik pembelajaran dengan jam pelajaran yang singkat melalui pola bekerja komplementer yaitu dengan pembagian tugas diskusi yang berbeda. Hal tersebut menyebabkan peserta didik merasa tidak adil terhadap tugas yang dibagikan serta kurang memahami tugas diskusi kelompok lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35164

Actions (login required)

View Item View Item