Pengaruh kecerdasan logis matematis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar akuntansi mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Bella Agustina

Agustina, Bella (2018) Pengaruh kecerdasan logis matematis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar akuntansi mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Bella Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Agustina, Bella. 2018. Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dudung Ma’ruf Nuris, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Kecerdasan Logis Matematis, Kemandirian Belajar, dan Hasil Belajar Akuntansi Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kecerdasan logis matematis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2016 di Universitas Negeri Malang sejumlah 145 mahasiswa dengan sampel penelitian sejumlah 106 mahasiswa yang diperoleh melalui teknik proportional random sampling. Jenis data untuk variabel logis matematis dan kemandirian belajar menggunakan data primer yang diukur menggunakan tes dan kuesioner. Sedangkan variabel hasil belajar akuntansi menggunakan data sekunder berupa dokumen nilai matakuliah Pengantar Akuntansi 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan logis matematis berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan tingkat sig. yaitu 0,000 < 0,05, yang artinya semakin tinggi kecerdasan logis matematis maka semakin tinggi pula hasil belajar akuntansi. Kemandirian belajar juga berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan tingkat sig. sebesar 0,006 < 0,05, yang artinya semakin tinggi kemandirian belajar mahasiswa maka semakin tinggi pula hasil belajar akuntansi mahasiswa. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa dengan kecerdasan logis matematis dan kemandirian belajar yang tinggi akan memperoleh hasil belajar yang tinggi. Besar pengaruh kcerdasan logis matematis dan kemandirian belajar mahasiswa terhadap hasil belajar akuntansi adalah sebesar 32%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel independen lain. Berdasarkan hasil penelitian disarankan; (1) bagi pendidik untuk memberikan lebih bayak studi kasus untuk mengasah kecerdasan logis matematis dan meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa; (2) bagi mahasiswa diharapkan untuk mengasah kecerdasan logis matematis dan meningkatkan kemandirian belajar; (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan memperluas populasi penelitian dan menggunakan purposive random sampling dalam pengambilan sampel, serta menambah variabel independen lain yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa; (4) bagi jurusan akuntansi diharapkan agar menambah jam matakuliah yang berkaitan dengan kecerdasan logis matematis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35159

Actions (login required)

View Item View Item