Pengaruh model pembelajaran treffinger dengan menggunakan mind map terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas X akuntansi di SMK Kepanjen dalam pembelajaran / Lailatul Karimah

Karimah, Lailatul (2018) Pengaruh model pembelajaran treffinger dengan menggunakan mind map terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas X akuntansi di SMK Kepanjen dalam pembelajaran / Lailatul Karimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Karimah, Lailatul. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger dengan Menggunakan Mind Map terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi di SMK Kepanjen dalam Pembelajaran. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sunaryanto, M. Ed. Kata Kunci: Model Treffinger, Mind Map, Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Model pembelajaran Treffinger merupakan salah satu dari sedikit model yang menangani masalah kreativitas secara langsung yang melibatkan keterampilan kognitif dan afektif pada setiap tahapannya. Model ini menggambarkan tingkatan pembelajaran mulai dari unsur-unsur dasar ke fungsi yang lebih kompleks, melalui teknik divergen, analogi, hingga melalui pemecahan masalah kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Treffinger dengan menggunakan mind map terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kelas X Akuntansi di SMK Kepanjen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan kemampuan yang hampir sama dan guru yang sama yaitu kelas X Ak 1 sebagai kelompok kontrol dan X Ak 2 sebagai kelompok eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Treffinger dengan menggunakan Mind map, variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian dan tes pilihan berganda. Hasil pengukuran berpikir kreatif dan hasil belajar siswa berupa data yang selanjutnya dianalisis menggunakan t-test dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh rata-rata gain score kemampuan berpikir kreatif pada kelas eksperimen yaitu sebesar 48.09 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 20.48. Rata-rata gain score hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 39.35 sedangkan pada kelas kontrol adalah 28.54. Selanjutnya hasil analisis Independent sample t-test menunjukkan bahwa pada model pembelajaran Treffinger dengan menggunakan mind map diperoleh p-level 0.000 lebih kecil dari 0.05. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima sehingga ada pengaruh model pembelajaran Treffinger dengan menggunakan mind map terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35157

Actions (login required)

View Item View Item