Taopik, Muhammad Naufal Hafizt (2024) Pengembangan e-modul mesin-mesin listrik berbasis project based learning untuk meningkatkan kompetensi pada kurikulum merdeka belajar di program studi s1 pte Universitas Negeri Malang / Muhammad Naufal Hafizt Taopik</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mesin-mesin Listrik merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan didapatkan informasi bahwa metode pembelajaran mesin-mesin listrik menggunakan metode ceramah dan juga kooperatif sehingga terdapat beberapa capaian mata kuliah yang tidak tercapai seperti mendesain memasang dan menguji kumparan stator. Media pembelajaran berupa E-Modul sangat dibutuhkan agar kompetensi mahasiswa lebih meningkat dan efektif dengan adanya modul pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul inovatif dalam mata kuliah Mesin-Mesin Listrik dengan pendekatan Project-Based Learning (PjBL). Pembelajaran Berbasis Proyek atau Project-based learning (PjBL) adalah pendekatan belajar yang menjadikan murid sebagai pusat pembelajaran. Menurut (Kustini amp Zahra 2022) project-based learning adalah metode pembelajaran yang memungkinkan guru untuk mengatur pembelajaran di kelas dengan melibatkan proyek kerja. Melakukan proyek melibatkan tugas-tugas rumit yang didasarkan pada masalah sebagai langkah awal dalam menggabungkan pengetahuan baru dari pengalaman praktis dan mendorong siswa untuk merancang memecahkan masalah mengambil keputusan melakukan investigasi serta bekerja sendiri atau dalam kelompok. Fokus utama penelitian adalah mengevaluasi dampak E-Modul ini terhadap peningkatan kompetensi mahasiswa di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro (PTE) di Universitas Negeri Malang yang mengadopsi kurikulum Merdeka Belajar. Kurikulum Merdeka Belajar menandai pergeseran paradigma pendidikan menuju kebebasan mahasiswa dalam menentukan jalannya pembelajaran. Dalam konteks ini modul pembelajaran menjadi instrumen penting untuk memberikan dukungan dan struktur bagi mahasiswa agar dapat mengoptimalkan pengalaman belajar mereka. Abstrak ini mengeksplorasi urgensi dan dampak positif pembuatan modul pembelajaran dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Research amp Development (R amp D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan pengembangan ADDIE kegiatan awal yang dilakukan yakni observasi kepada mahasiswa dan dosen pengampu mengenai pembelajaran yang akan atau yang sudah dilaksanakan baik secara teori maupun praktik. Hasil dari observasi tersebut akan digunakan untuk merancang E-Modul. E-Modul tersebut akan digunakan sebagai implementasi pembelajaran yang akan dilaksanakan. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media untuk menguji validasi E-Modul Mesin-Mesin Listrik serta 40 orang mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah Mesin-Mesin Listrik Universitas Negeri Malang untuk menguji kelayakan E-Modul Mesin-Mesin Listrik. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini yitu data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini menghasilkan E-Modul Mesin-Mesin Listrik. Hasil Validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 79 514% dan ahli materi sebesar 81 2%. Uji kelayakan yang dilakukan pada 40 orang mahasiswa didapatkan hasil sebesar 89 39%. Dengan hasil yang diperoleh ini maka E-Modul Mesin-Mesin Listrik dinyatakn valid dan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran mata kuliah Mesin-Mesin Listrik Program Studi S1 PTE.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/351552 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |