Studi fenomenologi efektivitas dan efisiensi pembelajaran untuk mata pelajaran akuntansi dengan sistem full day school pada SMK Muhammadiyah 2 Malang / Aprilia Nur Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi fenomenologi efektivitas dan efisiensi pembelajaran untuk mata pelajaran akuntansi dengan sistem full day school pada SMK Muhammadiyah 2 Malang / Aprilia Nur Rahmawati

Rahmawati, Aprilia Nur (2018) Studi fenomenologi efektivitas dan efisiensi pembelajaran untuk mata pelajaran akuntansi dengan sistem full day school pada SMK Muhammadiyah 2 Malang / Aprilia Nur Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati April Nur. 2018. Studi Fenomenologi efektivitas dan efisiensi pembelajaran untuk mata pelajaran Akuntansi Dengan Sistem Full Day School pada SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dudung Ma ruf Nuris S.Pd M.Pd. Kata Kunci Full Day School Efektivitas Efisiensi Akuntansi Sistem pendidikan Full Day School sebagai suatu bentuk sistem pendidikan terbaru di Indonesia yang diinisiasi oleh bapak menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy dengan menjalankan 5 hari efektif belajar selama 8 jam per hari dan jam tambahan yang diisi oleh kegiatan ekstrakurikuler menjadikan sekolah yang menerapkan sistem ini harus berupaya menciptakan kondisi belajar yang efektif dan efisien agar kegiatan belajar mengajar bisa berjalan dengan baik. Salah satu sekolah yang menerapkan sistem tersebut di kota Malang adalah SMK Muhammadiyah 2 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi yang bertujuan untuk mengetahui kontribusi tim manajemen sekolah guru mata pelajaran Akuntansi dan siswa jurusan Akuntansi dalam melakukan pembelajaran yang efektif dan efisien dengan sistem Full Day School di mata pelajaran Akuntansi dengan mengumpulkan data melalui observasi dokumentasi dan wawancara kepada subyek penelitian. Dalam penelitian ini triangulasi sumber data data teori dan metodologi diterabkan untuk mengecek keabsahan data. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa sebelum sistem Full Day School diberlakukan SMK Muhammadiyah 2 Malang telah menjalankan sistem pendidikan serupa dengan sistem Full Day School sehingga kurang mempengaruhi terhadap kegiatan belajar mengajar disekolah. Secara umum seluruh tim manajemen sekolah guru mata pelajaran Akuntansi dan siswa jurusan Akuntansi telah menjalankan pembelajaran secara efektif dan efisien dengan menjalankan tugas pokok dan fungsi sesuai bidang masing masing yang berkaitan dengan efektivitas dan efisiensi pembelajaran mata pelajaran Akuntansi. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan prestasi siswa seperti selalu masuk 5 besar pada setiap perlombaan yang diikuti dibidang Akuntasi dan alokasi dana yang digunakan sesuai dengan kegiatan pembelajaran. Diberlakukannya sistem pendidikan Full Day School juga membantu siswa jurusan Akuntansi dalam mendalami materi Akuntansi dikarenakan adanya jam tambahan berupa kelas olimpiade setelah jam efektif pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35153

Actions (login required)

View Item View Item