Ma'rifah, Siti (2018) Pengaruh persepsi siswa tentang citra sekolah terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa sebagai variabel intervening / Siti Ma'rifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Ma rifah Siti. 2018. Pengaruh Persepsi Siswa pada Citra Sekolah terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar Siswa sebagai Variabel Intervening Skripsi Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Cipto W S.E. M.Pd. M.Si Ak. CA. Kata kunci Citra Sekolah Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. Hasil belajar akuntansi merupakan hasil yang diperoleh seseorang dari proses pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya adalah persepsi siswa tentang citra sekolah dan motivasi. Siswa yang memiliki tingkat persepsi yang baik terhadap citra sekolah akan cenderung memiliki motivasi yang tinggi dan hasil belajarnya juga akan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh persepsi siswa tentang citra sekolah dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Rancangan penelitian ini adalah penelitian ekspanasi. Teknik pemilihan sampel menggunakan proportional random sampling. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI Akuntasi di SMKN 2 dan SMK PGRI 2 Kediri yang berjumlah 239 siswa sedangkan sampel yang diambil berjumlah 149 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Jalur (Path Analysis). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi siswa tentang citra sekolah terhadap motivasi belajar siswa di SMK PGRI 2 dan SMKN 2 Kediri (2) Pegaruh persepsi siswa tentang citra sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMK PGRI 2 dan SMKN 2 Kediri (3) pengaruh tidak langsung persepsi siswa tentang citra sekolah terhadap hasil belajar siswa di SMK PGRI 2 dan SMKN 2 Kediri dan (4) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di SMK PGRI 2 dan SMKN 2 Kediri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pegaruh yang signifikan persepsi siswa tentang citra sekolah terhadap motivasi belajar siswa SMK PGRI 2 dan SMKN 2 Kediri (2) ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang citra sekolah terhadap hasil belajar siswa SMK PGRI 2 dan SMKN 2 Kediri (3) ada pengaruh tidak langsung yang signifikan persepsi siswa tentang citra sekolah terhadap hasil belajar siswa SMK PGRI 2 dan SMKN 2 Kediri dan (4) ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa SMK PGRI 2 dan SMKN 2 Kediri. Disarankan bagi kepala sekolah guru dan staf yang terkait untuk membenahi dan meningkatkan nilai sekolahnya sehingga mampu meningkatkan nilai citra yang baik atau positif untuk sekolah. Dan disarankan bagi peneliti selanjutnya (a) menggunakan populasi dan sampel yang lebih luas serta menambah variabel independen dan (b) teknik pengumpulan data dapat ditambah seperti menggunakan teknik observasi dan wawancara sehingga data yang terkumpul dapat lebih lengkap mendalam dan akurat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/35148 |
Actions (login required)
View Item |