Sumara, Fitri Febrianti (2018) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar guru dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar SMK di Kabupaten Malang / Fitri Febrianti Sumara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v ABSTRAK Sumara Fitri F. 2018. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Keterampilan Dasar Mengajar Guru dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar SMK di Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr.H. Cipto Wardoyo S.E . M.Pd. M.Si. Ak. CA Kata kunci Persepsi Keterampilan Dasar Mengajar Guru Kemandirian Belajar Prestasi Belajar Prestasi belajar merupakan tolak ukur kemampuan siswa yang diperoleh setelah mengikuti kegiatan belajar selama periode tertentu. Beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar diantaranya adalah persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar guru dan kemandirian belajar. Siswa yang memiliki persepsi positif akan cenderung memiliki prestasi yang baik pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar guru dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi Dasar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitiannya adalah penelitian eksplanatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN Kosgoro 1 Lawang SMK Ma rif NU 4 Pakis SMKN 1 Pujon SMKS Cendika Bangsa dan SMKS Kepanjen. Sedangkan sampel penelitiannya adalah 169 siswa. Instrumen dalam penelitian ini ada dua kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMK di Kabupaten Malang mempunyai persepsi yang baik tentang keterampilan dasar mengajar guru ditunjukkan dengan skor rata-rata (mean) sebesar 147 52. Kemandirian belajar memiliki kualifikasi yang cukup baik ditunjukkan dengan skor rata-rata (mean) sebesar 67 82. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar mempunyai kualifikasi yang cukup baik pula ditunjukkan dengan skor rata-rata (mean) sebesar 80 70. Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar berpengaruh positif signifikan sebesar 22 44%. Kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar berpengaruh positif signifikan sebesar 16 18%. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan menambah teknik pengumpulan data agar diperoleh informasi yang lebih lengkap.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Apr 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/35142 |
Actions (login required)
View Item |