Pengaruh dimensi segitiga kecurangan terhadap perilaku kecurangan akademik siswa Jurusan Akuntansi SMKN 2 Blitar dengan self efficacy sebagai variabel moderasi / Latipah Kurnia Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh dimensi segitiga kecurangan terhadap perilaku kecurangan akademik siswa Jurusan Akuntansi SMKN 2 Blitar dengan self efficacy sebagai variabel moderasi / Latipah Kurnia Safitri

Safitri, Latipah Kurnia (2018) Pengaruh dimensi segitiga kecurangan terhadap perilaku kecurangan akademik siswa Jurusan Akuntansi SMKN 2 Blitar dengan self efficacy sebagai variabel moderasi / Latipah Kurnia Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Safitri Latipah Kurnia. 2018. Pengaruh Dimensi Segitiga Kecurangan Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Siswa Jurusan Akuntansi SMKN 2 Blitar Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Bambang Sugeng S.E M.A M.M Ak Kata Kunci Dimensi Segitiga Kecurangan (Tekanan Kesempatan dan Rasionalisasi) Self Efficacy Perilaku Kecurangan Akademik Perilaku kecurangan akademik dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berdasarkan teori segitiga kecurangan perilaku kecurangan akademik dipengaruhi oleh adanya tekanan akademik kesempatan melakukan kecurangan akademik dan rasionalisasi melakukan kecurangan akademik. Selain itu self efficacy yang berasal dari teori Kognitif Sosial Bandura juga berperan dalam terjadinya perilaku kecurangan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh tekanan akademik terhadap perilaku kecurangan akademik (2) pengaruh kesempatan melakukan kecurangan akademik terhadap perilaku kecurangan akademik (3) pengaruh rasionalisasi melakukan kecurangan akademik terhadap perilaku kecurangan akademik (4) pengaruh tekanan akademik terhadap perilaku kecurangan akademik dimoderasi oleh self efficacy (5) pengaruh kesempatan melakukan kecurangan akademik terhadap perilaku kecurangan akademik dimoderasi oleh self efficacy (6) pengaruh rasionalisasi melakukan kecurangan akademik terhadap perilaku kecurangan akademik dimoderasi oleh self efficacy Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan Akuntansi SMKN 2 Blitar yang berjumlah 370 siswa. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 193 siswa yang diambil menggunakan metode proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan menggunakan skala likert untuk mengukur variabel-variabel penelitian. Analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA) dengan bantuan SPSS for Windows versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tekanan akademik berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik (2) kesempatan melakukan kecurangan akademik berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik (3) rasionalisasi melakukan kecurangan akademik berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik (4) self efficacy tidak mampu memoderasi pengaruh tekanan akademik terhadap perilaku kecurangan akademik (5) self efficacy tidak mampu memoderasi pengaruh kesempatan melakukan kecurangan akademik terhadap perilaku kecurangan akademik (6) self efficacy tidak mampu memoderasi pengaruh rasionalisasi melakukan kecurangan akademik terhadap perilaku kecurangan akademik. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti variabel lain yang dapat mengurangi terjadinya perilaku kecurangan akademik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35140

Actions (login required)

View Item View Item