Sistem pengawasan kinerja guru sekolah menengah pertama (Studi kasus di SMP Kristen Petra Malang) / Yeni Ratna Juwita - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem pengawasan kinerja guru sekolah menengah pertama (Studi kasus di SMP Kristen Petra Malang) / Yeni Ratna Juwita

Juwita, Yeni Ratna (2013) Sistem pengawasan kinerja guru sekolah menengah pertama (Studi kasus di SMP Kristen Petra Malang) / Yeni Ratna Juwita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengawasan kinerja guru Keberhasilan pendidikan dipengaruhi oleh Sumber Daya Manusia (SDM) dan non-manusia. SDM akan mempengaruhi keberhasilan tujuan pendidikan khususnya pada sekolah. SDM di sini salah satunyayaitu guru.Guru bekerja sesuai dengan fungsi dan tugasnya yang disebut sebagai kinerja guru. Kinerja guru tidak akan berjalan secara maksimal apabila tidak dilakukanpengawasan. Pengawasan penting dilakukan dalam proses pencapaian tujuan pendidikan.Tujuan sekolah tersebut akan berjalan lebih efektif apabila ada pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas pendidikan. Penelitian ini memiliki fokus yaitu (1) teknik pengawasan yang digunakan untuk melakukan pengawasan kinerja guru SMP Kristen Petra oleh kepala sekolah dan Pengawas Pendidikan Kota Malang (2) langkah-langkah pengawasan yang digunakan dalam melakukan pengawasan kinerja guru SMP Kristen Petra oleh kepala sekolah dan Pengawas Pendidikan Kota Malang (3) sasaran yang diawasi pada kinerja guru di SMP Kristen Petra yang dilakukan oleh kepala sekolah dan Pengawas Pendidikan Kota Malang (4) faktor pendukung sistem pengawasan kinerja guru di SMP Kristen Petra oleh kepala sekolah dan Pengawas Pendidikan Kota Malang dan (5) faktor penghambat sistem pengawasan kinerja guru di SMP Kristen Petra oleh kepala sekolah dan Pengawas Pendidikan Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus karena studi kasus berfokus pada beberapa aspek organisasi tertentu dengan menggunakan pastisipasi observasi sebagai teknik utama untuk pengumpulan data. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) wawancara (2) observasi dan (3) dokumentasi. Adapun teknik yang digunakan untuk mengecek keabsahan data meliputi (1) triangulasi (2) kecukupan referensi dan (3) pengecekan anggota. Temuan penelitian yang dihasilkan yaitu (1) teknik pengawasan kinerja guru yang diterapkan oleh Kepala SMP Kristen Petra Malang meliputi teknik pengawasan langsung dan tidak langsung pada penerapan teknik langsung tersebut yaitu dengan mengawasi secara langsung guru yang mengajar di dalam kelas sedangkan teknik tidak langsung yaitu dengan mengawasi tugas-tugas administrasi guru. Teknik-teknik pengawasan kinerja guru yang dilakukan oleh Pengawas Pendidikan Kota Malang adalah dengan teknik langsung dan tidak langsung teknik langsung dilakukan dengan monitoring dan evaluasi data lapangan sedangkan teknik tidak langsung digunakan ketika melihat laporan yang disusun oleh guru maupun kepala sekolah baik itu berupa data administrasi tertulis maupun laporan secara verbal yang disampaikan ketika kegiatan wawancara (2) langkah-langkah pengawasan kinerja guru yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah dengan membuat penyusunan panduan pengawasan proses pembelajaran (pemantauan supervisi dan evaluasi) peraturan akademik dan buku kendali sedangkan tahapan atau langkah-langkah pengawasan yang dilakukan oleh Pengawas Pendidikan Kota Malang adalah dengan penyusunan program pengawasan pelaksanaan dan penyusunan pelaporan hasil pengawasan (3) sasaran pengawasan kinerja guruyang dilakukan oleh kepala sekolah antara lainkinerja guru di kelasmeliputi perencanaan proses pembelajaran yaitu penyusunan perangkat pembelajaran serta penerapannya di dalam kelas ketika mengajar tugas administrasi guru adalah keseluruhan tugas administrasi yang wajib dipenuhi oleh semua guru dan tingkat kehadiran guru kehadiran guru yang diawasi adalah lebih kepada kedisiplinan waktu guru harus datang tepat waktu pada waktu yang telah ditetapkan pada tata tertib yang telah disusun sedangkan sasaran pengawasan pada kinerja guru yang dilakukan oleh pengawas pendidikan adalah kepengawasan akademik yang meliputi merencanakan pembelajaran melaksanakan pembelajaran menilai hasil pembelajaran membimbing dan melatih siswa (4) faktor pendukung jalannya sistem pengawasan kinerja guru yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah guru telah memiliki disiplin yang baik dalam melaksanakan tugasnya guru telah memiliki kesadaran dalam melaksanakan tugasnya guru telah memiliki komitmen yang tinggi terhadap aturan yang diberikan sedangkan yang dilakukan oleh pengawas pendidikan antara lain komitmen pada guru telah terbentuk kedisiplinan guru dalam menyelesaikan tugas-tugasnya serta dalam kinerja saat mengajar di kelas adanya kesadaran untuk tanggung jawab terhadap masing-masing tugasnya (5) faktor penghambat berdasarkan sistem pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah terdapat beberapa guru yang terlambat dalam menyelesaikan tugas administrasinya sedangkan faktor penghambat yang dilakukan oleh pengawas pendidikan adalah kemajuan teknologi sebagai media pembelajaran yang masih belum diterapkan di dalam kelas sehingga pengawas merasa kurang efisien dalam memeriksa media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Saran yang disampaikan dari hasil penelitian ini adalah (1) pengawas pendidikan diharapkan mampu untuk memotivasi para kepala sekolah dan guru agar dapat meningkatkan kinerjanya (2) kepala sekolah diharapkan mampu untuk memotivasi para guru agar dapat meningkatkan kinerjanya (3) peneliti lain hendaknya para peneliti lain agar dapat melanjutkan penelitian sejenis dalam sistem pengawasan kinerja guru pada berbagai aspek lain dengan latar yang berbeda yang nantinya dapat bermanfaat untuk diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3514

Actions (login required)

View Item View Item