Solekah, Nia Mar'atus (2018) Pengaruh inisiatif belajar siswa dan persepsi siswa tentang model PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar mata pelajaran aktiva tetap pada siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 2 Kediri / Nia Mar'atus Solekah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Solekah Nia Mar atus. 2018. Pengaruh Inisiatif Belajar Siswa dan Persepsi Siswa tentang model PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Aktiva Tetap pada Siswa Kelas XI di SMK Negeri 2 Kediri. Skripsi Jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Tuhardjo SE. M.Si Ak. Kata kunci Inisiatif Belajar Presepsi Model PBL (Problem Based Learning) dan Hasil Belajar. Pembelajaran memiliki peranan penting dalam proses membangun generasi muda yang kreatif luwes dan aktif. Melalui pembelajaran aktif dapat mengkodisikan agar peserta didik memiliki pengalaman belajar yang bermakna dan senantiasa berpikir tentang apa yang dilakukan selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui pengaruh inisiatif belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dan (2) mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang model PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Populasi untuk penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 2 Kediri tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 187 siswa. pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling diperoleh sampel 112 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan menggunakan skala likert untuk mengukur inisiatif belajar dan persepsi siswa tentang model PBL sedangkan dokomentasi untuk mengambil data hasil belajar mata pelajaran Aktiva Tetap. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji F uji t dan uji koefisien determinasi dengan bantuan SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) inisiatif belajar siswa berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa dilihat dari uji t sebesar thitung 2 108 ttabel 1 659 dengan signifikansi 0 037 ttabel 1 659 dengan signifikansi 0 023
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Apr 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/35139 |
Actions (login required)
View Item |