Aziza, Vema Untza (2018) Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Pada Materi Laporan Keuangan Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang Untuk Kelas XII Akuntansi Di SMKN 2 Buduran Sidoarjo / Vema Untza Aziza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Aziza Vema Untsa. 2017. Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Pada Materi Laporan Keuangan Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang Untuk Kelas XII Akuntansi Di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sulastri S.Pd. M.SA Kata Kunci desain pembelajaran pendekatan ilmiah. Perubahan kurikulum yang cepat di era globalisasi ini diikuti perubahan dalam dunia pendidikan terutama dengan hadirnya kurikulum 2013 menggunakan pendekatan ilmiah. Aktivitas pembelajaran harus di rancang agar mendapatkan hasil yang maksimal. Merancang aktivitas pembelajaran ini disebut dengan desain pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran berbasis scientific approach pada materi laporan keuangan mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang untuk kelas XII akuntansi di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan model 4-D yang diadaptasikan menjadi model 4-P. Tahapan yang digunakan meliputi (1) tahap pendefinisian (define) tahap perancangan (design) tahap pengembangan (develop) dan tahap pengembangan (dessiminate). Instrument pengumpulan data berupa angket. Data yang diperoleh merupakan data kuantitatif yang diperoleh dari skor angket dan data kualitatif yang diperoleh dari kritikan saran dan komentar. Validasidilakukan oleh ahli RPP ahli bahan ajar dan media ajar ahli evaluasi pembelajaran dan uji coba pengguna terbatas kepada 1 guru dan 36 siswa XII AK 1 SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Hasil validasi RPP menunjukkan presentase 97 14% hasil validasi bahan ajar menunjukkan presentase 82 70% media ajar menunjukkan presentase 96 47% dan hasil validasi evaluasi pembelajaran menunjukkan presentase 97 5%. Selain validasi juga didapatkan hasil ujicoba terbatas oleh guru akuntansi dengan presentase 97 64% dan hasil ujicoba terbatas oleh peserta didik menunjukkan presentase 94 50%. Berdasarkan hasil tersebut desain pembelajaran berbasis Scientific Approach pada materi laporan keuangan mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang untuk kelas XII SMK program keahlian akuntansi ini dinyatakan valid atau layak digunakan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran akuntansi di SMKN 2 Buduran Sidoarjo.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Feb 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/35138 |
Actions (login required)
View Item |